//

PENGARUH DOSIS KOMPOS LIMBAH BUBUK KOPI DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jauhar Fuadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENGARUH DOSIS KOMPOS LIMBAH BUBUK KOPI DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.) Jauhar Fuadi1, Elly Kesumawati2, Erita Hayati2 Fuadi.jauhar@yahoo.co.id 1Alumni Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala 2Tenaga Pengajar Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis kompos limbah bubuk kopi dan pupuk NPK terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah, serta interaksi diantara kedua perlakuan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan University Farm Sektor Timur Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, yang berlangsung dari bulan Desember sampai dengan Mei 2015. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola factorial 3x4 dengan tiga ulangan dan setiap satuan percobaan diwakili oleh 2 tanaman. Faktor yang diteliti terdiri atas dosis kompos limbah bubuk kopi yang terdiri dari 3 taraf, yaitu 10, 20 dan 30 ton/ha. Faktor kedua adalah dosis pupuk NPK yang terdiri atas 4 taraf, yaitu 100, 150, 200 dan 250 kg/ha. Parameter yang diamati meliputi tinggi tanaman dan diameter batang pada umur 14, 21, 37, 44 dan 67 hari setelah tanam (HST), jumlah cabang pada umur 37 dan 67 HST, jumlah buah per tanaman, berat buah per tanaman, berat per buah, panjang buah dan diameter buah. Pertumbuhan dan hasil cabai merah yang cenderung lebih baik dijumpai pada perlakuan dosis kompos limbah bubuk kopi 10 ton/ha. Pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah terbaik terdapat pada dosis pupuk NPK 200 dan 250 kg/ha. Terdapat interaksi yang tidak nyata antara perlakuan kompos limbah bubuk kopi dengan perlakuan pupuk NPK terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah. Kata Kunci: cabai merah, kompos limbah bubuk kopi, pupuk NPK

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MANFAAT KOMPOS LIMBAH KULIT KAKAO TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) (Seutia Rahmi, 2014)

PENGARUH KOMPOS LIMBAH BUBUK KOPI DAN GIBERELIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PEMBUNGAAN TANAMAN MAWAR (FERI AFFRIADI, 2014)

PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA) TERHADAP PERTUMBUHAN CABAI MERAH(CAPSICUM ANNUM L.) (Hazyuniati, 2016)

PENGARUH MEDIA TANAM DAN FUNGSI MIKORIZA ARBUSKULAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM,L.) (ERMA JUNITA, 2015)

RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG (ALLIUM ASCALONICUM L.)SEBAGAI EFEK PEMBERIAN PUPUK KOMPOS KIRINYUH (CHROMOLENA ODORAT) DAN PUPUK NPK (syarfianda, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy