//

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DEPRESI PADA LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang fadhlianur - Personal Name

Abstrak/Catatan

Depresi merupakan salah satu masalah kesehatan jiwa yang terjadi pada lanjut usia. Depresi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti dukungan sosial, dukungan keluarga, kehilangan, dan penyakit fisik, sehingga belum diketahui secara pasti faktor apa saja yang dapat mempengaruhi depresi pada lanjut usia di panti. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan depresi pada lanjut usia di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh yang meliputi dukungan sosial, dukungan keluarga, kehilangan, dan penyakit fisik. Jenis penelitian bersifat kuantitatif dengan metode korelatif, dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah populasi 70 lanjut usia. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling sebanyak 65 responden. Alat pengumpulan data yang digunakan kuesioner dalam bentuk dichotomy choice, skala ukur Geriatric Depression Scale (GDS), dengan teknik pengumpulan data wawancara terpimpin. Waktu dan tempat penelitian dilakukan pada tanggal 1-7 Oktober 2015 di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh. Hasil analisa Chi-Square menunjukkan ada hubungan dukungan sosial dengan depresi (p=0,002), dukungan keluarga dengan depresi (p=0,000), penyakit fisik dengan depresi (p=0,037), dan tidak adanya hubungan yang signifikan antara kehilangan dengan depresi (p=0,186). Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepada petugas UPTD untuk dapat meningkatkan dukungannya kepada lanjut usia dengan melaksanakan kegiatan yang dapat meningkatkan aktifitas lanjut usia, dan meningkatkan manajemen penyakit sesuai kebutuhan lanjut usia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PENGLIHATAN LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (ARIEF MUNANDAR, 2016)

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI DEPRESI DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA DI RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Dwi Harliani Ayu Aprilia, 2015)

HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS(UPTD)RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2014 (Gusti Sri Vantona, 2014)

GAMBARAN FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DEMENSIA PADA LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2013 (liza fajriani, 2013)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN LANSIA TERHADAP PELAYANAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS RNDINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTERA RNGEUNASEH SAYANG BANDA ACEH RNTAHUN 2013 (Hafizah , 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy