//

PENGEMBANGAN INDUSTRI IKAN KAYU LAMPULO MENGGUNAKAN METODE KLASTER DAN STRATEGI GENERIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulfan Helmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Klaster merupakan kelompok produksi yang terkonsentrasi secara spasial dan biasanya berspesialisasi pada hanya satu atau dua industri utama saja dan saling berinteraksi. Pendekatan klaster menjadi instrumen pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) di Indonesia. Lampulo merupakan daerah industri penghasil ikan kayu (keumamah). Perairan Banda Aceh merupakan kawasan penghasil ikan yang melimpah sebagai bahan baku ikan kayu. Terdapat 10 industri ikan kayu dengan jumlah 1 industri skala besar, 1 industri skala sedang, dan 8 industri skala kecil. Industri tersebut mampu mempekerjakan sebanyak 70 pekerja. Modal usaha sepenuhnya berasal dari pemilik usaha. Konsemen berasal dari berbagai yaitu perorangan, perkantoran dan enceran. Dari hasil analisa, didapatkan bahwasannya hubungan antara pengusaha ikan kayu belum terjalin. Asosiasi pengusaha ikan kayu belum terbentuk secara utuh sehingga menghambat produktivitas dan inovasi. Hubungan langsung terjalin antara industri ikan kayu dengan usaha pendukung dan pemasok bahan baku. Tenaga kerja tidak sepenuhnya tersedia di dalam klaster membuat perusahaan mengaksesnya dari daerah lain di luar klaster, dan untuk kebutuhan modal perusahaan industri ikan kayu hanya menggunakan modal secara individu. Karakteristik industri ikan kayu Lampulo dapat menetapkan strategi generik berbasis utama Differensiasi. Strategi Differensiasi digunakan oleh untuk mendapatkan keunikan sehingga bisa memberikan nilai lebih dari ekspetasi yang diinginkan pelanggan, dengan kelebihan tersebut perusahaan akan menawarkan produk dengan harga di atas pesaing lain.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LAMANYA WAKTU PENYIMPANAN TERHADAP KADAR PROTEIN PADA PRODUK IKAN KAYU DI LAMPULO, BANDA ACEH (Shinta Sofianti, S.KH, 2016)

STUDI KOMPARATIF PENDAPATAN USAHA ABON IKAN DAN USAHA IKAN KAYU CHIP DI DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (NAZILLA ULFA, 2016)

PROSPEK PENGEMBANGAN INDUSTRI PENGOLAHAN IKAN DI KOTA BANDA ACEH (Ernawaty, 2018)

PERANCANGAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN LAMPULO DI BANDA ACEH (TEMA : ARSITEKTUR HIGH TECH) (Bayu Ari Gunawan, 2017)

STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI MEBEL DENGAN METODE COMPETITIVE ADVANTAGE “STUDI KASUS : INDUSTRI MEBEL DI KABUPATEN PIDIE” (Syarifah Mauliana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy