//

PEMETAAN MODEL BAWAH PERMUKAAN TERINTEGRASI DENGAN MENGGUNAKAN DATA LOG DAN DATA SEISMIK UNTUK MELIHAT PENYEBARAN BATUPASIR DI LAPANGAN “MH29” DAERAH NETHERLANDS OFFSHORE BLOCK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riski Andrian - Personal Name

Abstrak/Catatan

Integrasi data log dan data seismik sangat berguna untuk mendapatkan interpretasi yang baik dalam pencarian minyak dan gas bumi. Batupasir merupakan salah satu batuan yang memiliki porositas dan permeabilitas yang tinggi sehingga menjadi salah satu indikasi adanya batuan reservoir. Penelitian ini dilakukan untuk memodelkan penyebaran batupasir yang mengindikasikan adanya zona reservoir. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa log gamma ray, log sonic, log porosity, dan log density serta data penampang seismik dilapangan “MH29” Netherlands Offshore Block. Data tersebut kemudian diolah menggunakan software OpendTect. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data tersebut berupa peta struktur waktu, peta ketebalan dan analisa terhadap penyebaran batupasir. Pada Formasi batupasir, area sebelah barat pada sumur F06-1 dan F02-1 memiliki zona pasir yang lebih tebal dibandingkan pada area sumur F03-4 dan F03-2. Sedangkan zona batupasir sumur F03-4 dan F03-2 berada pada daerah ketinggian antara batasan cekungan dan memiliki porositas yang baik dalam potensi menjadi reservoir. Nilai rata-rata porositas yaitu 30% pada sumur di area yang lebih rendah, sedangkan pada sumur di area ketinggian memiliki nilai rata-rata porositas 35%. Penyebaran batupasir pada lapangan MH29 berada pada cekungan graben yang merupakan pengendapan fluvial dari delta fan pada era Miocene sekitar 4,5 Ma. Kata kunci: batupasir, integrasi log, OpendTect, Netherlands Offshore Block, North Sea

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMETAAN BAWAH PERMUKAAN POLA PENYEBARAN LITOLOGI DARI ZONA FS1-MFS4 DI LAPANGAN “RV24” NETHERLANDS OFFSHORE F3 BLOCK MENGGUNAKAN DATA SEISMIK DAN DATA LOG (Reva Muliarma Muslim, 2017)

ANALISA PENYEBARAN GAS PADA RESERVOAR BATUPASIR DENGAN MENGGUNAKAN ATRIBUT SEISMIK DI LAPANGAN NETHERLANDS OFFSHORE BLOK “FH-1” (Heru Hardian, 2016)

KOREKSI EFEK PULL UP MENGGUNAKAN VELOCITY MODEL PADA DATA SEISMIK REFLEKSI DI LAPANGAN ‘MAR’ BLOK OFFSHORE NORTH WEST JAVA (Heykal Hukama Farline, 2017)

ANALISA PERANGKAP STRATIGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN DATA SEISMIK 3D DAN DATA SUMUR DI LAPANGAN F3 BELANDA (Ulul Azmi, 2016)

PEMETAAN GEOLOGI DAN ANALISIS PROVENANCE BATUPASIR FORMASI ALAS (Rizky Putra Utama, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy