//

PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PADA PTPN I PERSERO DIKAITKAN DENGAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI ACEH.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Zia Urrahman - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK M.ZIA URRAHMAN, PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB 2015 SOSIAL PERUSAHAAN PADA PTPN I PERSERO DIKAITKAN DENGAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI ACEH. Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala. (viii, 74) pp., tabl., bibl. ( Dr. Sri Walny Rahayu. S.H., M.Hum. ) Tanggung jawab sosial perusahaan merupakan program yang bersifat wajib untuk mensejahterakan masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan tersebut beroperasi. Dasar hukum pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan merujuk pada UU PT Nomor 40 Tahun 2007 Jo UU BUMN Nomor 19 Tahun 2003 Jo PP Nomor 47 Tahun 2012 Jo Qanun Perkebunan Nomor 6 Tahun 2012. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan pada PTPN I Persero dikaitkan dengan pembangunan berkelanjutan di Aceh dan apa yang menjadi hambatan dan tantangan serta upaya PTPN I Persero dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan dikaitkan dengan pembangunan berkelanjutan di Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan pada PTPN I Persero dan implementasi pembangunan berkelanjutan dalam program tanggung jawab sosial perusahaan PTPN I Persero serta hambatan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan yang dilakukan oleh PTPN I Persero. Penelitian ini bersifat yuridis normatif, yaitu suatu pendekatan yang menggunakan konsep legal positif dengan cara mengkaji penerapan kaidah atau norma dalam hukum positif. Data penelitian yuridis normatif berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, bahan hukum tersier dan didukung oleh data primer di lapangan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan PTPN I Persero belum berdampak pada pembangunan berkelanjutan di Aceh. Hambatan dan tantangan PTPN I Persero dalam melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan adalah minimnya anggaran, penyalahgunaan dana tanggung jawab sosial perusahaan yang dilakukan oleh mitra binaan PTPN I Persero serta kurangnya sumber daya manusia yang dimiliki PTPN I Persero dalam melihat kebutuhan masyarakat. Upaya PTPN I Persero dalam menghadapi hambatan dan tantangan tersebut adalah dengan cara meningkatkan produktivitas perusahaan, melakukan identifikasi terhadap calon mitra yang mengajukan proposal, melakukan penyelesaian permasalahan pinjaman terhadap mitra binaan yang menunggak pembayaran serta melakukan evalusasi terhadap sumber daya manusia yang dimiliki PTPN I Persero. PTPN I Persero dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaannya disarankan sebaiknya melibatkan para stakeholders perusahaan dan membuat program pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan. Pemerintah sebagai regulator perlu mengeluarkan regulasi yang bertujuan mengawasi setiap aktivitas perkebunan kelapa sawit dan pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial perusahaan PTPN I Persero.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PADA PT PLN (PERSERO) WILAYAH ACEH (PANJI PRAPDAYUDA SETIAWAN, 2016)

MEKANISME PENGAJUAN SANTUNAN KECELAKAAN PADA PT. JASA RAHARJA (PERSERO) BANDA ACEH (AUDI ERLANGGA, 2014)

PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN OLEH PT BANK BUKOPIN TBK CABANG BANDA ACEH (MUHAMMAD EDYANSA. N, 2016)

PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN OLEH PT BANK BNI CABANG BANDA ACEH (ANGGA FERRISTIA, 2016)

PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PRICE-TO-BOOK VALUE (PBV) TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL SEKTOR JASA KEUANGAN DI INDONESIA (RAHMAWATI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy