//

BENTUK KOMUNIKASI UPWARD DAN DOWNWARD DALAM MEMENUHI KEPUASAN KOMUNIKASI PEGAWAI (STUDI KASUS PADA KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN (KIP) ACEH TAMIANG)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EKA MUTIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Bentuk Komunikasi Upward dan Downward Dalam Memenuhi Kepuasan Komunikasi Pegawai (Studi Kasus Pada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi upward dan downward pada KIP Aceh Tamiang dalam memenuhi kepuasan komunikasi pegawai serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan komunikasi yang terjadi pada KIP Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan teori empat sistem Likert. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif komparatif. Data dan informasi diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi pada 11 (sebelas) orang pegawai di KIP Aceh Tamiang, yang dipilih menggunakan teknik purposive serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bentuk dari komunikasi upward berupa keluhan terkait dengan pekerjaan serta saran-saran untuk membuat KIP Aceh Tamiang menjadi lebih baik. Namun, komunikasi upward tidak mampu memberikan kepuasan komunikasi bagi para pegawai karena tidak ada nya tindaklanjut dari pimpinan, adanya gap, kurangnya informasi atas lingkungan kerja, serta para pimpinan yang tidak mengetahui masalah komunikasi yang terjadi pada pegawai. Sedangkan komunikasi downward dapat memberikan kepuasan komunikasi bagi para pegawai KIP Aceh Tamiang, penyampaian instruksi dilakukan secara berjenjang disertai dengan petunjuk pelaksanaan tugas. Upaya yang dilakukan KIP Aceh Tamiang untuk mengatasi permasalahan komunikasi upward dan downward ialah dengan lebih terbuka satu sama lain, memperbanyak saluran komunikasi, memperbaiki integritas pimpinan serta melakukan pendekatan non formal di luar jam kerja dan membentuk humas sebagai penengah komunikasi di internal KIP Aceh Tamiang. Kata Kunci : Komunikasi Upward, Komunikasi Downward, Kepuasan Komunikasi, Teori Empat Sistem Likert

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMUNIKASI DOWNWARD TERHADAP KINERJA PERSONIL POLRES ACEH BARAT DENGAN MOTIVASI INTRINSIK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (MUFTI MUHAMMAD, 2019)

HUBUNGAN IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DENGAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI DI KANTOR BAPPEDA PROVINSI ACEH (DEFRI FAHRIZA, 2014)

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN GAYA KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PEGAWAI DINAS PERKEBUNAN ACEH (Roslina, 2015)

PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI, KONFLIK TERHADAP MOTIVASI DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA PEGAWAI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN ACEH (Elisa Diana, 2018)

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA KARYAWAN PT. BANK PERMATA TBK. MEDAN (Eka Oktavina, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy