//

SINTESIS DAN KARAKTERISASI MINERAL MAGNETIT (FE 3O4 ) DARI PASIR BESI PESISIR PANTAI DESA LAMPANAH LEUNGAH, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURLAILI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian tentang sintesis dan karakterisasi mineral magnetit (Fe 3O4 ) dari pasir besi pesisir pantai Desa Lampanah Leungah, Aceh Besar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mensintesis mineral magnetit Fe 3O4 dari pasir besi. Selanjutnya, mineral magnetit Fe 3O4 hasil sintesis dikarakterisasi untuk mengetahui sifat-sifat yang dimilikinya. Proses sintesis dilakukan menggunakan metode kopresipitasi, yaitu metode pengendapan menggunakan larutan HCl 12M dengan pemanasan pada suhu 70 o C selama 30 menit dan dicampur dengan larutan NH4 OH 6 M dengan pemanasan 70 o C selama 30 menit. Kemudian hasil proses sintesis diidentifikasi dengan XRF, XRD, SEM dan Permagraph. Hasil identifikasi XRF menunjukkan bahwa pasir besi sebelum disintesis mengandung senyawa Fe 3O4 dengan persentase 81.42% dan sesudah disintesis meningkat menjadi 85.56%. Berdasarkan hasil pengujian XRD diketahui bahwa fasa Fe 3O4 (magnetit) merupakan fasa utama yang terdapat dalam pasir besi Desa Lampanah Leungah. Selanjutnya, hasil ukuran kristal sebelum disintesis adalah 26.34 nm pada bidang kristal (311), dan setelah disintesis ukuran kristal tereduksi hingga menjadi 23.93 nm pada bidang kristal (311). Struktur morfologi yang diamati dengan SEM menunjukkan sampel belum terorientasi secara homogen. Hasil observasi sifat kemagnetan menunjukkan nilai magnetisasi saturasi (Ms) sebesar 0.29 T, nilai remanen (Br) sebesar 0.081 T dan nilai koersivitas (Hc) sebesar 1.82 kA/m. Sifat kemagnetan dari Fe 3O4 hasil sintesis dari pasir besi merupakan jenis magnet lunak (soft magnetic). Kata Kunci : Pasir besi, magnetit (Fe 3O4 ), metode kopresipitasi, difraksi sinar-X, fluoresensi sinar-X, SEM, permagraph, dan Desa Lampah Leungah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KADAR BESI PADA PASIR BESI ASAL DESA LAMPANAH-LEUNGAH DENGAN TEKNIK SPEKTROFOTOMETRI DAN GRAVIMETRI (Uswatun Hasanah, 2016)

ANALISIS KADAR BESI DALAM PASIR BESI DI DASAR LAUT DESA LAMPANAH-LEUNGAH, KECAMATAN SEULIMUEM, KABUPATEN ACEH BESAR (ZULKIRAM, 2013)

ANALISIS KADAR BESI PASIR BESI ASAL DESA LAMPANAH LEUNGAH SECARA SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA) DAN VOLUMETRI (Mutia Rahmi, 2017)

IDENTIFIKASI SEBARAN PASIR BESI BERDASARKAN NILAI SUSEPTIBILITAS MAGNETIK DIKAWASAN PESISIR DESA LAMREH ACEH BESAR (Mulyana, 2014)

SINTESIS DAN KARAKTERISASI PIGMEN MERAH HEMATIT (α-FE2O3) DARI PASIR BESI LAMPANAH ACEH BESAR (Nurul Fajri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy