//

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riska Septia Farida - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
ARITHMETIC

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran Langsung, Aritmatika Sosial Aritmatika sosial merupakan materi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dituntut mampu memecahkan permasalahan yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari Berdasarkan hal tersebut, materi aritmatika sosial cocok diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning. PBL memiliki karakteristik yaitu menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks belajar bagi siswa untuk belajar tentang berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah,serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep esensial dari materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1)memperoleh deskripsi tentang perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model PBL dan siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung, 2)mengetahui aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model PBL dan 3)mengetahui respon siswa terhadap penerapan model PBL pada materi aritmatika sosial diMTsN Rukoh Banda Aceh.Penelitian yang dilakukan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksprimen.Sampel penelitian diambil secara random sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII-3 sebagai kelas eksprimen, sedangkan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol. Hasil pengolahan data tes awal menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal, sehingga kedua kelas dapat dijadikan sebagai sampel. Hasil pengolahan data tes akhir menunjukkan bahwa kedua kelas juga berdistribusi normal, sehingga dapat dianalisis dengan statistik uji-t satu pihak pada taraf signifikan α = 0.05. Berdasarkan hasil analisis data tes akhir diperoleh = 1,74 dan = 1.67 atau > yaitu 1,74 > 1.67,berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini disimpulkan Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL, lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran langsung pada materi aritmatika sosial di MTsN Rukoh Banda Aceh. Selain hasil tes, hasil data aktivitas siswa dan angket respon siswa selama proses pembelajaran menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL adalah aktif, sedangkan respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL pada materi aritmatika sosial di kelas VII MTsN Rukoh Banda Aceh positif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMPN 2 BANDA ACEH (Tria Tiara Mora S., 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MASALAH SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH (JULIANA, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (RIZKA, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Heriyansyah Putra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy