//

GAMBARAN DUKUNGAN KELUARGA PADA PASIEN SKIZOFRENIA YANG MENGALAMI KEKAMBUHAN DI RUMAH SAKIT JIWA PEMERINTAH ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAJRINA - Personal Name
SubjectSCHIZOPHRENIA-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Skizofrenia adalah kekacauan jiwa yang serius ditandai dengan kehilangan kontak pada kenyataan (psikosis), halusinasi, khayalan (kepercayaan yang salah), pikiran yang abnormal sehingga meganggu fungsi kerja dan fungsi sosial. Keluarga merupakan pendukung utama dalam proses penyembuhan pasien skizofrenia untuk mncegah terjadinya kekambuhan. Sikap keluarga yang tidak menerima pasien skizofrenia atau bersikap bermusuhan dengan pasien akan membuat kekambuhan lebih cepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui distribusi frekuensi pada pasien skizofrenia yang mengalami kekambuhan di Rumah Sakit Jiwa Pemerintah Aceh berdasarkan jenis kelamin, asal daerah, dan dukungan keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling. Data yang diperoleh dilakukan analisa univariat. Hasil penelitian terhadap 34 responden menunjukkan bahwa kekambuhan pada pasien skizofrenia sebagian besar 67,6% pada laki-laki, asal daerah penderita skizofrenia yang mengalami kekambuhan paling bayak pasien yang berasal dari Pidie yaitu 26,4%, dan dukungan keluarga yang diberikan pada anggota keluarga yang mengalami kekambuhan skizofrenia baik 61,7%. Menurut (Sirait, 2008) dalam penelitianya menyebutkan bahwa dukungan keluarga yang baik dapat disebabkan oleh karena keluarga telah banyak memperoleh informasi mengenai penyakit skizofrenia melalui media (koran, televisi, radio), dan orang lain (teman, kerabat). Kata kunci : Dukungan keluarga, kekambuhan, skizofrenia.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR- FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUARGA PASIEN TERHADAP KEKAMBUHAN SKIZOFRENIA DI BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD) RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Yudi Pratama, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEJADIAN RELAPS PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Merysia Karmila, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP RNKESEMBUHAN PASIEN SKIZOFRENIA RNDI BLUD RSJ ACEH TAHUN 2014 (FATMAWATI WULANDARI, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASIRNBEROBAT ULANG PASIEN SKIZOFRENIA DIRNPOLIKLINIK RAWAT JALAN BLUDRNRUMAH SAKIT JIWARNPEMERINTAH ACEHRNTAHUN 2013RNSKRIPSIRNDIAJUKAN SEBAGAI SALAH SATU SYARAT UNTUKRNMEMPEROLEH GELAR SARJANA KEPERAWATANRNOLEH:RNCUT LIA RAHMAWATY DJAUHARIRNNIM.0907101020065RNPROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATANRNFAKULTAS KEDOKTERANRNUNIVERSITAS SYIAH KUALARNBANDA ACEHRN2013 (CUT LIA RAHMAWATY DJAUHARI, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP LAMA PERAWATAN PASIEN SKIZOFRENIA DI RSJ BANDA ACEH (T.Jaja Amarullah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy