//

KAJIAN SEISMISITAS DAN PERIODE ULANG GEMPA BUMI DI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmad Tauladani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada penelitian ini telah dilakukan analisis tingkat seismisitas dan periode ulang gempa bumi yang terjadi di wilayah Aceh dengan menggunakan hubungan antara frekuensi dengan magnitudo gempa bumi. Batasan wilayah yang dikaji berada antara 940–1000 BT dan 00–80 LU, sedangkan data gempa bumi yang digunakan dibatasi hanya untuk magnitudo ≥ 3.0 SR dan kedalaman ≤ 80 km dari tahun 1974–2014 yang bersumber dari dua katalog gempa bumi National Earthquake Information Center (NEIC) dan International Seismological Center (ISC). Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengubahan data dari kedua katalog yang berisi data lintang, bujur, magnitudo, kedalaman dan waktu menjadi data ascii dan dianalisa menggunakan software ZMAP. Untuk data magnitudo badan (mb) dan magnitudo pemukaan (Ms) dikonversi ke magnitudo momen (Mw). Berdasarkan hasil dari analisa antara frekuensi dengan magnitudo gempa bumi menunjukkan bahwa nilai a-value terbesar dan b-value terkecil berada di Pulau Simeulue, Barat Laut Aceh dan Utara Aceh, yang mengindikasikan tingkat seismisitas dan stress batuan di wilayah tersebut sangat tinggi. Secara temporal periode ulang gempa bumi dengan 5 Mw berkisar antara 1-4 bulan dan 6 Mw berkisar antara 2-5 tahun.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN SEISMISITAS DAN PERIODE ULANG GEMPA BUMI DI ACEH (Rahmad Tauladani, 2015)

IDENTIFIKASI POLA SEBARAN DAN PERHITUNGAN PERIODE ULANG GEMPA BUMI DI WILAYAH SESAR TRIPA PROVINSI ACEH MENGGUNAKAN DISTRIBUSI WEIBULL (ERNI LUSIANI, 2018)

IDENTIFIKASI SESAR AKTIF PIDIE JAYA BERDASARKAN RELOKASI DATA GEMPA BUMI SUSULAN PIDIE JAYA DAN MEKANISME FOKAL (Qadariyah, 2018)

DAMPAK GEMPA BUMI TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PIDIE JAYA DI GAMPONG KUTA PANGWA KECAMATAN TRIENGGADENG (ISDA KAMALIYATUL HUS, 2018)

PERAN METODE GEOFISIKA DEKAT PERMUKAAN DALAM MENDUKUNG MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI (STUDI KASUS SURVEY METODE GEOLISTRIK PADA SEGMEN SEULIMEUM, DESA LAMTAMOT, KABUPATEN ACEH BESAR) (Risma Sunarty, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy