Search :

Advance


PENGARUH JARAK TANAM DAN SISTIM PEMBUMBUNAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG TANAH ( Arachis hypogaea L.)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rosmanidar - Personal Name
Subyek PEANUTS-FIELD CROP
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

PENGARUH JARAK TANAM DAN SISTIM PEMBUMBUNAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG TANAH ( Arachis hypogaea L.) Rosmanidar1), Nurhayati2), Syafruddin2) 1)Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Unsyiah, 2) Staf Pengajar Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Unsyiah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jarak tanam dan sistim pembumbunan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah ( Arachis hypogaea L.). Penelitian ini di laksanakan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh, yang di mulai dari bulan Agustus sampai dengan November 2011. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok pola faktorial 3 x 3 dengan 3 ulangan, sehingga terdapat 9 kombinasi perlakuan. Adapun faktor yang diteliti adalah jarak tanam yang terdiri atas 3 taraf yaitu 40 cm x 20 cm, 40 cm x 30 cm, 40 cm x 40 cm, dan pembumbunan terdiri atas 3 taraf yaitu tanpa pembumbunan, pembumbunan setengah (15 cm) dan pembumbunan penuh (30 cm). Peubah yang diamati adalah tinggi tanaman pada umur 15,30 dan 45 HST, jumlah polong berisi, jumlah polong hampa, bobot polong basah per rumpun, bobot polong kering per rumpun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jarak tanam berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 45 HST pada jarak tanam 40 cm x 20 cm (J1), bobot polong basah pada jarak tanam 40 cm x 40 cm (J3) dan bobot polong kering pada jarak tanam 40 cm x 40 cm (J3), berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 15 HST pada jarak tanam 40 cm x 20 cm (J1), 30 HST pada jarak tanam 40 x 20 cm (J1) dan jumlah polong berisi pada jarak tanam 40 cm x 40 cm (J3). Akan tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap jumlah polong hampa per rumpun. Pembumbunan tanaman kacang tanah berpengaruh sangat nyata terhadap peubah jumlah polong berisi pada pembumbunan penuh (P2), bobot polong basah per rumpun pada pembumbunan penuh (P2), bobot polong kering per rumpun pada pembumbunan penuh (P2). Akan tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap jumlah polong hampa per rumpun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi yang tidak nyata antara jarak tanam dan sistim pembumbunan kacang tanah terhadap semua peubah pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah. Kata Kunci : Jarak Tanam, Pembumbunan, Kacang tanah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANAN EM4 DAN PUPUK ORGANIK PETROGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN,PRODUKSI DAN VIABILITAS BENIH KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGEAE L.) (Safrizal.HD, 2013)

PENGARUH NAUNGAN TERHADAP PERTUMBUHAN, PRODUKSI DAN MUTU BENIH PADA BEBERAPA VARIETAS KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGAEA L.) (HUSNUR RIJAL, 2015)

APLIKASI PUPUK GUANO DAN MULSA ORGANIK SERTA PENGATURAN JARAK TANAM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TANAH DAN HASIL BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) (Mulyono, 2014)

PENGARUH KALIUM PADA TANAH GAMBUT TERHADAP PERTUMBUHAN, PRODUKSI DAN MUTUBENIH BEBERAPA VARIETAS KACANG TANAHRN(ARACHIS HYPOGAEA L.) (T. Sarwanidas, 2014)

PENGGUNAAN METODE WARD DALAM PENGELOMPOKAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH BERDASARKAN INDIKATOR TANAMAN PANGAN DAN PERKEBUNAN (Salmiati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.