//

EVALUASI PENGARUH POLA PARKIR TERHADAP KINERJA JALAN DAN KELAYAKAN PARKIR PADA BADAN JALAN HASAN SALEH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rauzatul Ulfa - Personal Name
SubjectTRANSPORTATION ENGINEERING
ROADS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Jalan Hasan Saleh merupakan salah satu ruas jalan yang memiliki pergerakan lalu lintas tinggi karena merupakan salah satu kawasan perdagangan dan jasa kota Banda Aceh sehingga kebutuhan fasilitas parkir juga cukup tinggi. Kawasan ini tidak memiliki fasilitas off-street parking, akibatnya badan jalan menjadi lahan parkir. Jalan Hasan Saleh termasuk ruas jalan dengan fungsi jalan kolektor primer yang memiliki 2 lajur 2 arah tanpa median. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pola parkir terhadap kinerja jalan dan kelayakan parkir pada badan Jalan Hasan Saleh berdasarkan nilai derajat kejenuhan dan durasi parkir. Lokasi pengamatan penelitian ini dimulai dari sta 0+300 sampai dengan sta 0+500. Data diperoleh langsung dari pengamatan di lapangan meliputi geometrik jalan, volume lalu lintas, pola parkir kondisi existing, waktu masuk dan waktu keluar kendaraan parkir. Pengambilan data pengamatan dilakukan dua hari yaitu Kamis dan Minggu selama enam jam per harinya yaitu pada jam pagi (07.00 – 09.00 WIB), siang (12.00 – 14.00 WIB), dan sore (16.30 – 18.30 WIB). Pola parkir existing pada jalan ini adalah pola parkir paralel di kedua sisi jalan. Pola parkir yang diteliti untuk mendapatkan nilai pengaruh terhadap kinerja jalan adalah pola parkir pada satu sisi jalan dengan sudut 0°, 30°, 45° dan 60°. Kinerja jalan yang dihitung adalah nilai derajat kejenuhan (degree of saturation, DS) yang dihitung dengan metode MKJI. Syarat dari metode MKJI adalah jika nilai DS ≤ 0,75 maka jalan tersebut masih layak dan tergolong kinerja jalan yang baik, tetapi jika DS > 0,75 maka diperlukan penanganan pada jalan tersebut untuk mengurangi kepadatan akibat aktifitas perparkiran. Pada pola parkir existing yaitu pola parkir paralel pada kedua sisi badan jalan diperoleh nilai derajat kejenuhan sebesar 0,72, untuk pola parkir sudut 0° adalah 0,44, pola parkir sudut 30° adalah 0,58, pola parkir sudut 45° adalah 0,80 dan pola parkir sudut 60° adalah 0,90. Hasil perhitungan nilai DS tersebut menunjukkan pola parkir mempengaruhi kinerja jalan. Semakin besar sudut pola parkir maka kinerja jalan semakin buruk. Sebaliknya, semakin besar sudut pola parkir maka semakin besar kapasitas parkirnya. Pola parkir yang layak pada badan jalan ini adalah pola parkir sudut 30°. Dengan demikian kondisi kinerja jalan baik dan kapasitas parkir memadai sehingga kemacetan yang diakibatkan oleh parkir pada badan jalan dapat diminimalkan. Kata kunci : kinerja jalan, parkir di badan jalan, pengaruh pola parkir.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PENGARUH POLA PARKIR TERHADAP KINERJA JALAN DAN KELAYAKAN PARKIR PADA BADAN JALAN SIMPANG TUJUH ULEE KARENG (Vina Rita, 2017)

EVALUASI KELAYAKAN POLA PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN TEUKU PANGLIMA POLEM KOTA BANDA ACEH (Danil Cipta, 2015)

EVALUASI KELAYAKAN POLA PARKIR TERHADAP KINERJA JALAN PANGLIMA NYAK MAKAM KOTA BANDA ACEH (Maisa Ariani, 2015)

PENGARUH KEGIATAN PERPAKIRAN DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN HASAN SALEH KOTA BANDA ACEH (rini, 2013)

ANALISIS KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DAN KINERJA RUAS JALAN DI KAWASAN PERKANTORAN (STUDI KASUS KANTOR DINAS PENDAPATAN DAN KEKAYAAN ACEH (DPKA) DAN DINAS KEUANGAN ACEH (DKA) BANDA ACEH) (FAUZANA RUSMAR, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy