//

DERAJAT KEPARAHANN INFARK MIOKARD AKUT BERDASARKAN WAKTU SERANGAN PADA PENDERITA INFARK MIOKARD AKUT DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siska - Personal Name
SubjectSEVERTY
MYOCARDIAL INFARCTION - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Infark miokard akut merupakan penyakit dengan angka mortalitas dan morbiditas yang tinggi di dunia. Insidensi infark miokard akut ini menunjukkan variasi yang teratur pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. Diketahui bahwa ada pengaruh dari irama sirkadian tubuh terhadap agen-agen kardiovaskular. Adanya variasi pada luas daerah infark miokard berdasarkan waktu serangan infark pada satu hari juga telah ditemukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi derajat keparahan infark miokard akut ditinjau dari waktu serangan dalam sehari. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sebanyak 23 orang pasien dengan ST-Elevation Myocardial Infarction (STEMI) dan Non-ST-Elevation Myocardial Infarction (NSTEMI) selama periode November 2012 – Desember 2012 telah dipilih dengan metode total sampling. Derajat keparahan infark miokard dinilai menggunakan skor stratifikasi risiko Global Registry of Acute Coronary Events (GRACE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa infark miokard akut paling sering dijumpai pada kelompok pukul 00.00 – 05.59 dan kelompok 18.00 – 23.59 yaitu sebesar 34,78% dengan risiko mortalitas tinggi paling sering dijumpai pada kelompok 18.00 – 23.59. Disimpulkan bahwa insidensi dan derajat keparahan infark miokard akut lebih tinggi pada malam hari.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KEJADIAN INFARK (Tjut Farahiya Hadi, 2015)

HUBUNGAN PENINGKATAN KADAR GLUKOSA PLASMA DAN TROPONIN-I PENDERITA INFARK MIOKARD AKUT DI RUANG ICCU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nindy Aprilla Putri, 2016)

HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN TERGLIKOSILASI (HBA1C) TERHADAP KEJADIAN KARDIOVASKUKAR MAYOR PADA PASIEN PASCA INFARK MIOKARD AKUT (SRY AUDIAN ANSARI, 2019)

LOKASI INFARK DENGAN BRADIKARDI PASIEN SINDROM KORONER AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT MEURAXA BANDA ACEH (OCTAMI RULIANI, 2018)

HUBUNGAN JUMLAH LEUKOSIT DAN LOKASI INFARK DENGAN DERAJAT KESADARAN DAN DEFISIT NEUROLOGI MOTORIK PADA STROKE ISKEMIK AKUT (Sujie Pratiwi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy