//

ANALISIS KESESUAIAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN TANAMAN HORTIKULTURA DI AREAL BEKAS HUTAN RAWA, KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KHAIRIL ANWAR - Personal Name
SubjectLAND USE - AGRICULTURAL SURVEYS
HORTICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi magister Agroekoteknologi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Konversi lahan hutan rawa gambut untuk areal pertanian akan berpotensi terjadinya perubahan pada karakteristik dan morfologi tanah sehingga akan berpengaruh pula terhadap kesesuaian lahan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengkaji tingkat kesesuaian lahan untuk pengembangan tanaman hortikultura pada areal bekas lahan hutan rawa seluas 2737,12 ha di Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya (Provinsi Aceh). Penelitian menggunakan metode deskriptif melalui survei lapangan dan analisis laboratorium. Evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman hortikultura dilakukan dengan menggunakan kriteria FAO, yaitu dengan mencocokan antara kriteria lahan dengan persyaratan tumbuh masing-masing tanaman hortikultura. Lahan yang akan dinilai dikelompokkan ke dalam 5 (lima) satuan lahan homogen (SLH). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh areal bekas hutan rawa gambut yang telah dialihfungsikan ke lahan pertanian saat ini memiliki tingkat kesesuaian lahan S3, wa (sesuai marginal) untuk beberapa tanaman hortikultura seperti nenas, melon, terong, tomat, bayam, cabai merah, mentimun, kacang panjang, dan semangka dengan faktor pembatas utama adalah curah hujan tinggi dan retensi hara, sedangkan untuk tanaman sawi dan bawang merah memiliki tingkat kesesuaian lahan N (tidak sesuai) karena curah hujan. Kata kunci: Lahan bekas rawa, karakteristik tanah, tanaman hortikultura

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN TANAMAN MANGGA (MANGIFERA INDICA L.) DAN RAMBUTAN (NEPHELIUM LAPPACEUN LINN.) DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Agus Ramadhan , 2016)

PERILAKU SADAR GIZI IBU RUMAH TANGGA DI DESA SERBAGUNA KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Nova DianSari EkaNingsih, 2016)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DARUL MAKMUR MENULIS DONGENG (Samsul Rizal, 2014)

STUDI KONVERSI LAHAN PERTANIAN KE NON PERTANIAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR) (SELFIA HENIKA, 2014)

ANALISIS PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DAN KARAKTERISTIK HIDROLOGI DI SUB DAS KRUENG TRIPA HILIR KABUPATEN NAGAN RAYA (Juwanda, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy