//

HUBUNGAN ANTARA MINAT PEKERJAAN DENGAN PILIHAN JURUSAN SISWA DI SMK (SUATU PENELITIAN TERHADAP SISWA-SISWI SMK NEGERI 1 BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riad Musaidi - Personal Name

Abstrak/Catatan

iv ABSTRAK Kata kunci: Minat Pekerjaan – Pilihan Jurusan Penelitian yang berjudul “Hubungan Minat Pekerjaan dengan Pilihan Jurusan siswa SMK Negeri 1 Banda Aceh” ini bertujuan untuk melihat hubungan antara minat pekerjaan dengan jurusan, mengetahui minat pekerjaan siswa, dan mengetahui minat siswa terhadap jurusan yang ditekuninya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 571 orang siswa. Sedangkan yang dijadikan sampel adalah siswa kelas 3 berjumlah 150 yang mewakili satu kelas untuk setiap jurusan. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasioanal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket yang berbentuk Rothwell-Miller yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat pekerjaan siswa masih terbatas pada jenis pekerjaan yang dianggap populer atau pekerjaan yang menjamin gaji yang tinggi dan posisi yang ditawarkan, serta cenderung rendah pada jenis pekerjaan yang biasa, ketertarikan siswa terhadap suatu jenis pekerjaan belum didasarkan atas minat, bakat dan kemampuan yang dimiliki. Penelitian juga menunjukkan hanya lebih dari setengah atau 59.3% siswa yang betul-betul berminat pada jurusan yang ditekuninya, sedangkan sisanya kurang dari setengah atau 41.7% tidak berminat, hal ini dipengaruhi oleh; siswa lulus pada pilihan kedua, keinginan orangtua, dan ikut-ikutan teman. Penelitian juga menunjukan ada hubungan yang signifikan antara minat pekerjaan dengan pilihan jurusan, ini dibuktikan dari nilai probabilitas disemua jurusan < 0.05 dan nilai rs berkisar antara 0.237-0.448 atau kekuatan hubungan berada pada tingkat lemah dan cukup. Penelitian juga menunjukkan pola hubungan yang positif artinya semakin besar minat pekerjaan siswa maka semakin tinggi minat siswa terhadap jurusan yang ditekuni. Disarankan kepada siswa(i) tingkat SLTP yang ingin masuk ke Kekolah Menengah Kejuruan agar mengetahui orientasi dari jurusan yang ingin dimasuki, tidak didasarkan oleh pilihan ikut-ikutan teman, keinginan orangtua, dan hal lainnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN MINAT SISWA MEMILIH JURUSAN IPA DENGAN NILAI FISIKA, MATEMATIKA, KIMIA DAN BIOLOGI PADA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (husnul amilia, 2014)

HUBUNGAN MINAT BIDANG STUDI DENGAN MINAT PEKERJAAN SISWA SMK NEGERI 2 BANDA ACEH (Miranda Zr, 2017)

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN SIKAP SISWA TERHADAP PEKERJAAN RUMAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Idami Syarifuddin, 2017)

HUBUNGAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (julianda saputra, 2013)

HUBUNGAN KONSEP DIRI, MINAT JURUSAN DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI 1 BANDA ACEH (Intan Baiduri, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy