//

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Bangun Datar segiempat. Bangun datar segiempat merupakan ruang lingkup geometri yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan dirasakan sulit oleh sebagian besar siswa sekolah menengah pertama. Guru dalam pembelajarannya di kelas tidak mengaitkan materi segiempat dengan kehidupan sehari-hari dan siswa kurang diberikan kesempatan untuk menemukan dan mengkonstruksikan sendiri ide-idenya. Ini merupakan salah satu penyebab kegagalan siswa dalam memahami materi bangun datar segiempat. Padahal mengaitkan unit-unit matematika dengan masalah-masalah real dalam kehidupan sehari-hari siswa dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara baik. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Segiempat di Kelas VII MTsN Model Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi segiempat di kelas VII MTsN Model Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian Pre Experimental Design. Jenis penelitian ini digunakan jenis penelitian kuantitatif disertai kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Model Banda Aceh. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 MTsN Model Banda Aceh, sebanyak 30 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan angket. Adapun teknik pengolahan data adalah dengan menggunakan analisis deskriptif (persentase) dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa aktif; (2) hasil belajar siswa pada materi segiempat di kelas VII MTsN Model Banda Aceh mencapai ketuntasan belajar siswa sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh MTsN Model Banda Aceh; (3) respon siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning adalah positif. Berdasarkan hal tersebut secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning pada materi bangun datar adalah efektif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP (Miftahul Jannah, 2018)

PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MASALAH SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH (JULIANA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy