//

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KELUARGA DENGAN MOTIF SOSIAL ANAK DI KECAMATAN TIMANG GAJAH BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang sasmika dewi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Hubungan, Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga, Motif Sosial Anak Penelitian yang berjudul “Hubungan Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga dengan Motif Sosial Anak di Kecamatan Timang Gajah Bener Meriah” ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komunikasi interpersonal dalam keluarga dan motif sosial anak, mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dalam keluarga dengan motif sosial anak serta mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dalam keluarga dengan motif berprestasi, motif berafiliasi dan motif berkuasa pada anak di Kecamatan Timang Gajah Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja dari empat desa di Kecamatan Timang Gajah sebanyak 110 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan menggunakan teknik random sampling dengan jumlah remaja sebanyak 52 orang. Pengumpulan data pada penelitian kuantitatif menggunakan metode angket dengan skala 1-4. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa gambaran komunikasi interpersonal dalam keluarga cenderung memiliki tingkat yang tinggi dengan persentase sebesar 65%. Sementara gambaran motif sosial anak tergolong pada kategori tinggi juga dengan persentase sebesar 63%. Hasil penelitian dan pengukuran hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dalam keluarga dengan motif sosial anak di Kecamatan Timang Gajah Bener Meriah pada taraf signifikansi 0,05, sehingga hipotesis (Ha) dapat diterima kebenarannya. Artinya, komunikasi interpersonal mempunyai hubungan yang signifikan dengan sub-sub variabel motif sosial. Dengan demikian, semakin baik komunikasi interpersonal dalam keluarga semakin baik pula motif sosial, seperti motif berprestasi, motif berafiliasi dan motif berkuasa pada anak di Kecamatan Timang Gajah. Oleh karena itu, diharapkan kepada orang tua untuk membangun komunikasi interpersonal yang lebih harmonis untuk meningkatkan motif sosial yang positif pada anak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP MAKNA DARI MOTIF KERAWANG GAYO (SUATU PENELITIAN PADA KECAMATAN TIMANG GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH) (Eliya Anita, 2018)

JAMUR MAKROSKOPIS DI PERKEBUNAN KOPI (COFFEA SP.) KECAMATAN TIMANG GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH (Suhada, 2015)

UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU SEKOLAH DASAR PADA GUGUS 4 KECAMATAN TIMANG GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH (RAHMAT SUSANTO, 2017)

PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA REHABILITASI RUMAH DI KECAMATAN BUKIT DAN TIMANG GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH (Eddy Rizki Fahmi, 2014)

PROFIL KELUARGA YANG MENYEKOLAHKAN ANAK KE PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS DI KAMPUNG PANTAN LUES KECAMATAN GAJAH PUTIH KABUPATEN BENER MERIAH ) (Fatimah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy