//

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENTRA SENI TARI KREASI DI TAMAN KANAK–KANAK FKIP UNSYIAH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI AMINAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Pembelajaran, Sentra seni, Tari kreasi Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan pembelajaran sentra seni tari kreasi di Taman Kanak-kanak FKIP Unsyiah Kota Banda Aceh”. Mengangkat bagaimana pelaksanaan pembelajaran sentra seni tari kreasi di TK FKIP Unsyiah dan kendalakendala apa saja yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran sentra seni tari kreasi di TK FKIP Unsyiah Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sentra seni tari kreasi di TK FKIP Unsyiah Kota Banda Aceh dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran sentra seni tari kreasi di TK FKIP Unsyiah Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru TK FKIP Unsyiah Kota Banda Aceh, sedangkan yang menjadi objeknya adalah sentra seni pada tari kreasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran sentra seni tari kreasi belum berjalan dengan baik dikarenakan anak-anak tidak diberikan kesempatan untuk memilih atau dipilih tetapi lebih mengarah kepada guru yang memilih, kemudian pembelajaran dilakukan dengan beberapa tahapan yang diberikan oleh guru ketika mengajar tarian di dalam kelas. Tahapan yang dilakukan ketika mengajar tarian di dalam kelas terdiri dari pertemuan pertama sampai pada pertemuan keempat. Tahapan yang dilakukan sebelum pembelajaran tarian di dalam kelas yaitu latihan mempersiapkan tubuh dan latihan gerakan tangan, badan, kaki, dan kepala. Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran sentra seni tari kreasi di TK FKIP Unsyiah Kota Banda Aceh yaitu kurangnya minat anak laki-laki terhadap pembelajaran sentra seni tari kreasi, kurangnya waktu pada pembelajaran sentra seni tari di dalam kelas, dan mati lampu ketika mengajar tarian di luar kelas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN SENTRA SENI MUSIK DRUM DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI (Dinda Rhesti Gandhis, 2016)

PROSES PEMBELAJARAN TARI BATOK DI TAMAN KANAK-KANAK BUNGONG SEULEUPOEK (SEKAR RATIH, 2018)

HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF, PARITAS DAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP STATUS GIZI MURID TAMAN KANAK - KANAK FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNSYIAH KOTA BANDA ACEH (Aznil Fajri, 2015)

PEMBELAJARAN SENI TARI DI TAMAN KANAK-KANAK MALAHAYATI NEUHEUN KABUPATEN ACEH BESAR (Rita Fajriani, 2014)

PROSES PEMBELAJARAN SENI TARI PADA MATERI TARI KREASI GAYA TRADISIONAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH (CUT RAHMATILLAH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy