//

EVALUASI KEMAMPUAN FISIK DOMINAN DAN TEHNIK DASAR BERMAIN SEPAK BOLA PADA CLUB POSKA TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Feli Ariesta - Personal Name
SubjectSOCCER
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kata kunci : evaluasi, fisik dominan dan teknik dasar sepakbola Penelitian yang berjudul “Evaluasi Kemampuan Fisik Dominan Dan Teknik Dasar Bermain Sepakbola Pada Club POSKA Tahun 2015”. Permainan sepakbola merupakan salah satu olahraga yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor kondisi fisik dominan sangat mempengaruhi keterampilan teknik dasar bermain sepakbola. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimanakah kemampuan fisik dominan dan teknik dasar bermain sepakbola pada Club POSKA Tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan fisik dominan dan teknik dasar bermain sepakbola pada Club POSKA Tahun 2015. Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain sepakbola Club POSKA Tahun 2015 yang berjumlah 18 orang pemain. Sampel sebanyak 18 orang pemain diperoleh dengan teknik total sampling atau total populasi, artinya semua jumlah populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data; (1) Fisik dominan terdiri dari tes power otot tungkai (vertical jump), kecepatan (lari 50 meter), kelincahan (Illinois Agility Run Test), daya tahan (lari 12 menit). (2) Keterampilan terknik dasar terdiri dari tes heading, passing and stopping, dribbling, dan shooting.Data dianalisis menggunakan statistik sederhana dalam bentukan alisis rata- rata dan analisis nilai persentase. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa kemampuan fisik dominan pemain sepakbola Club POSKA Tahun 2015 sebagai berikut: 1) Kemampuan power otot tungkai berada pada kategori Kurang, diperoleh 7 pemain dari 18 pemain (38,89 %), 2) Kemampuan kecepatan lari 50 meter berada pada kategori Baik, diperoleh 6 pemain dari 18 pemain (33,33%), 3) Kemampuan kelincahan berada pada kategori Cukup, diperoleh 6 pemain dari 18 pemain (33,33%), 4) Kemampuan daya tahan jantung paru berada pada kategori Sedang, diperoleh 9 pemain dari 18 pemain (50,00%). Selanjutnya dapat dijelaskan bahwa keterampilan teknik dasar bermain sepakbola Club POSKA Tahun 2015 berada pada kategori Baik, diperoleh 17 pemain dari 18 pemain (94,44%). Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa (1) Kemampuan fisik dominan pemain sepakbola Club POSKA Tahun 2015 sebagai berikut: a) Kemampuan power otot kurang, b) Kemampuan kecepatan lari 50 meter Baik, c) Kemampuan kelincahan Cukup, dan d) Kemampuan daya tahan jantung paru Sedang. (2) Keterampilan teknik dasar bermain sepakbola pada Club POSKA Tahun 2015 adalah Baik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KETERAMPILAN DASAR BERMAIN BOLA BASKET ANTARA PANGLIMA POLEM BASKETBALL CLUB DENGAN ARAI BASKETBALL CLUB TAHUN 2016 (Randy Tri Handoko, 2017)

EVALUASI KONDISI FISIK DAN KETERAMPILAN GERAK DASAR SEPAK BOLA BAGI ANAK USIA REMAJA PADA KLUB SEPAK BOLA PSBL KOTA LANGSA TAHUN PELAJARAN 2013 (Hattahillah, 2014)

EVALUASI UNSUR KONDISI FISIK DOMINAN ATLET BOLA BASKET ALBATROSS JUNIOR CLUB BIREUEN (ATNA DESTILITA, 2018)

KORELASI ANTARA KESEGARAN JASMANI DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN SEPAK BOLA PADA MURID SEKOLAH DASAR NEGERI KEULEMBAH TAHUN AJARAN 2014/2015 (Muhammad Hasyem , 2015)

EVALUASI TINGKAT KARDIOVASKULER RESPIRASI PEMAIN SEPAK BOLA KLUB PERSERU ACEH BESAR RNTAHUN 2012 (mardianus, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy