//

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD NEGERI LAMPEUNERUT ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Ati Rahmah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Model Kooperatif Tipe Make a Match, Peristiwa alam Penelitian yang berjudul “Penggunaan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Materi Peristiwa alam Di kelas V SD Negeri Lampeuneurut Aceh Besar” ini mengangkat masalah: 1) Bagaimana kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi peristiwa alam di kelas V SD Negeri Lampeuneurut Aceh Besar? 2) Bagaimana aktivitas siswa dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi peristiwa alam di kelas V SD Negeri Lampeuneurut Aceh Besar?, 3) Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi peristiwa alam dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa di kelas V SD negeri Lampeuneurut Aceh Besar?. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi peristiwa alam di kelas V SD Negeri Lampeuneurut Aceh Besar? 2) untuk mengetahui aktivitas siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi peristiwa alam di kelas V SD Negeri Lampeuneurut Aceh Besar. 3) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi peristiwa alam di kelas V SD Negeri Lampeuneurut Aceh besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Vc SD Negeri Lampeuneurut Aceh Besar tahun ajaran 2013/2014 yang jumlahnya 22 orang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan instrument yaitu: lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa, serta tes hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Kemampuan guru mengelola pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan yaitu pertemuan pertama 3,68 (baik) dan pertemuan kedua 4,56 (sangat baik), aktivitas siswa selama pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan yaitu pertemuan pertama 3 (baik) dan pertemuan kedua 3,5 (sangat baik) serta ketuntasan belajar siswa adalah tuntas sebesar 91%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN DI KELAS LV SD NEGERI 33 BANDA ACEH (nurul rahmah, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD NEGERI 69 BANDA ACEH (rauzatul husna, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (CUT JULITA ZAHARA, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKAE A MATCH DAN TIPE SCRAMBLE PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP PKPU ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2011-2012 (Rita Handayani, 2013)

“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGANNYA DI KELAS V SD NEGERI 56 BANDA ACEH (Syarifah Mursyida, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy