//

ANALISIS TINGKAT KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI KECAMATAN MEUREBO KABUPATEN ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Saifuddin - Personal Name
SubjectDISASTER - SOCIAL SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Magister Ilmu Kebencanaan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Banjir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di suatu kawasan dataran rendah yang banyak dialiri oleh aliran sungai. Berbagai tindakan kesiapsiagan yang dilakukan oleh masyarakat umumnya mereka peroleh dari pengalaman mereka menghadapi bencana banjir yang sering melanda mereka. Akan tetapi kesiapsiagaan yang mereka ketahui sering kali tidak berjalan maksimal dalam kondisi darurat karena perasaan/pikiran panik yang mereka alami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesiapsiagaan masyarakat Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat dalam menghadapi bencana banjir. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2015 menggunakan desain kuantitatif, terhadap 85 orang, yang berasal dari 3 gampong yaitu gampong Pasie Mesjid, Ranto Panyang Barat dan Pulo Teungoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir adalah kurang (65,9%), sikap responden mayoritas negatif (62,3%), dan kurang kesiapsiagaan (38,8%). Hasil statistik uji regresi diperoleh ada pengaruh yang bermakna antara pengetahuan (p=0,001), dan sikap (p=0,003) dengan kesiapsiagaan masyarakat Kecamatan Meureubo dalam menghadapi bencana banjir. Pihak Kecamatan Meureubo dan BPBD Kabupaten Aceh Barat khususnya untuk dapat melakukan sosialisasi tentang penyuluhan bencana banjir lebih mendalam kepada masyarakat. Masyarakat diharapkan agar terus menggali pengetahuan tentang tanda terjadinya banjir, tidak menebang hutan, tidak membuang sampah ke sungai serta selalu meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana banjir. Kata kunci : pengetahuan, sikap, kesiapsiagaan, dan banjir

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPSIAGAANRNBENCANA BANJIR DI GAMPONG GAROTRNKECAMATAN DARUL IMARAHRNACEH BESAR (DINDA NOVITA, 2015)

ANALISIS TINGKAT KERENTANAN DAN KAPASITAS MASYARAKAT TERHADAP BENCANA BANJIR BANDANG KECAMATAN CELALA KABUPATEN ACEH TENGAH (Wahyuni, 2016)

PENGETAHUAN DAN SIKAP TENAGA KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PIDIE JAYA TERHADAP KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI RISIKO BANJIR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PIDIE JAYA TERHADAP KESIAPSIAGAAN DALAM MENGHADAPI RISIKO BENCANA BANJIR (FAKHRURRAZI, 2016)

KAJIAN KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT TERHADAP BENCANA LONGSOR DI KECAMATAN LINGE KABUPATEN ACEH TENGAH (Faidha Rahmi, 2014)

HUBUNGAN PENGALAMAN KEJADIAN TSUNAMI TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA MASYARAKAT DI GAMPONG JEULINGKE KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Susi Safinah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy