//

PENGELOLAAN BUKU PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI AKADEMI KEBIDANAN MUHAMMADIYAH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MURTALA DAUD - Personal Name
SubjectCLASIFICATION - BOOKS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

v PENGELOLAAN BAHAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI AKADEMI KEBIDANAN MUHAMMADIYAH BANDA ACEH Oleh : Murtala Daud NIM : 1109200050053 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd. 2. Dr. Khairuddin, M. Pd. ABSTRAK Pengelolaan perpustakaan pada lembaga perguruan tinggi dengan baik, akan berdampak positif terhadap kemajuan dunia pendidikan dan meningkatnya minat baca di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengadaan bahan, koleksi bahan, dan layanan bahan pustaka pada perpustakaan di Akademi Kebidanan Muhammadiyah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari: Direktur, Kepala Urusan Perpustakaan, Staf Perpustakaan, Kepala Urusan Umum, dan mahasiswa pada Akademi Kebidanan Muhammadiyah Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pengadaan bahan perpustakaan dilakukan oleh Kepala Bagian Perpustakaan dan pengaturannya disesuaikan dengan skala prioritas. Pengadaan bahan pustaka tidak hanya berasal dari lembaga AKBID Muhammadiyah Banda Aceh, juga didapatkan dari mahasiswa, bantuan Muhammadiyah Pusat, dan bantuan dari dana aspirasi, (2) Koleksi buku pada perpustakaan terdiri dari buku kebidanan 382 buah, buku keperawatan 200 buah, buku ilmu penyakit 300 buah, dan buku penunjang lainnya. Penambahan buku dari tahun ke tahun menunjukkan adanya peningkatan sesuai dengan pengembangan perpustakaan dan seiring dengan meningkatnya minat baca mahasiswa pada perpustakaan AKBID Muhammadiyah Banda Aceh. (3) Layanan Perpustakaan dilakukan secara terbuka, dengan tujuan agar mahasiswa bisa bebas mencari buku yang diinginkan. Penerapan sistem pelayanan yang dilakukan selama ini dapat menumbuhkan minat baca karena mahasiswa dapat menemukan bahan pustaka yang menarik dan juga dapat menghemat tenaga petugas perpustakaan/ pustakawan. Kata kunci: Penelolaan Perpustakaan dan Minat Baca

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PROGRAM PERPUSTAKAAN KELILING TERHADAP MINAT BACA MASYARAKAT (STUDI DI GAMPONG ULEE LHEUE, KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH) (MUTIA FARASA NIA S, 2018)

MINAT BACA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH (Cut Dara Nastianti, 2014)

STRATEGI KOMUNIKASI BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN ACEH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA (EDI MURSYIDI, 2016)

HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (MIRA ZAHARA, 2019)

ANALISIS MISKONSEPSI BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BACA SISWA PADA KELAS XI SMAN DI KOTA BANDA ACEH (Nurul Fajriana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy