//

PERBEDAAN APLIKASI LARUTAN FLUORIDE DAN LARUTAN KAKAO (THEOBROMA CACAO LINN) TERHADAP KEKERASAN PERMUKAAN EMAIL GIGI.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Zawil Fitria - Personal Name
SubjectENAMEL (DENTAL) - DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2010

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Cut Zawil Fitria Program Studi : Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Judul : Perbedaan Aplikasi Larutan Fluoride dan Larutan Kakao (Theobroma cacao linn) terhadap Kekerasan Permukaan Email Gigi. Karies gigi merupakan salah satu penyakit mulut yang sering dijumpai di masyarakat. Tindakan pencegahan karies gigi dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan penggunaan fluoride. Efektivitas fluoride sudah terbukti membantu proses remineralisasi gigi. Bahan yang dapat digunakan untuk mencegah karies selain fluoride adalah theobromine yang terkandung di dalam kakao. Sebagaimana halnya fluoride, theobromine dapat meningkatkan ketahanan jaringan gigi terhadap asam dan dapat digunakan untuk mencegah demineralisasi email. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kekerasan permukaan email gigi setelah aplikasi fluoride dan kakao. Pada penelitian ini dilakukan pengujian laboratoris yang dianalisis secara deskriptif kualitatif yang dilakukan pada 9 spesimen gigi premolar permanen, yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok perlakuan yang terdiri dari larutan fluoride dengan konsentrasi 2% dan theobromine dengan konsentrasi 5,2% dengan durasi 5 menit dengan frekuensi sebanyak 24 kali. Pengukuran kekerasan email dilakukan sebelum dan sesudah perendaman dengan menggunakan Microvickers Hardness Tester. Hasil penelitian menunjukkan nilai kekerasan permukaan email gigi pada kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan didapatkan nilai rerata sebelum adalah 340,10 VHN dan sesudah 344,88 VHN. Pada kelompok fluoride sebelum perendaman didapatkan nilai rerata adalah 357,88 VHN dan sesudah dilakukan perendaman dengan konsentrasi 2% selama 5 menit dengan frekuensi sebanyak 24 kali didapatkan nilai rerata kekerasan sesudah adalah 334,88 VHN. Sedangkan pada spesimen kelompok theobromine sesudah perendaman didapatkan nilai rerata adalah 308,66 VHN dan sesudah dilakukan perendaman dengan konsentrasi 5,2% selama 5 menit dengan frekuensi sebanyak 24 kali adalah 312,55 VHN. Kata kunci: Email, fluoride, theobromine, kekerasan, Microvickers Hardness Tester.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN PEMUTIH GIGI CARBAMIDE PEROXIDE 10% DAN CARBAMIDE PEROXIDE 15% TERHADAP KEKERASAN PERMUKAAN EMAIL (ELVIYONA YUNINDIA, 2016)

PENGARUH MINUMAN BERSODA NON GULA TERHADAP KEKERASAN EMAIL GIGI PERMANEN (Dina Annisa, 2015)

PENGARUH PERENDAMAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DALAM EKSTRAK BIJI KAKAO (THEOBROMA CACAO) 50% TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN (Jihan Ainul, 2014)

UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK BIJI KAKAO (THEOBROMA CACAO) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI AGGREGATIBACTER ACTINOMYCETEMCOMITANS (Ime Syahdibrina, 2015)

PENGARUH DURASI PEMAPARAN LARUTAN FLUORIDE DENGAN KONSENTRASI 0,15% TERHADAP PERUBAHAN KEKASARAN PERMUKAAN DENTIN (Putri Disa Maulida, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy