//

ANALISIS SALINITAS AIR SUMUR DI DUSUN TEUBAREH, GAMPONG TEUBANG PHUI MESJID, MONTASIK, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUSFIKA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Telah dilakukan analisis salinitas dan zat kimia terlarut pada air sumur yang ada di Dusun Teubareh, Gampong Teubang Phui Mesjid, Montasik, Aceh Besar. Uji salinitas dilakukan pada 18 air sumur yang ada di dusun tersebut kemudian dibandingkan dengan air dari PDAM dan air laut. Analisis zat terlarut dilakukan pada sumur yang memiliki air asin pada musim kemarau dan dibandingkan dengan air sumur pada musim hujan, air dari PDAM serta air laut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat salinitas dan mengidentifikasi zat terlarut yang ada di Dusun Teubareh, Gampong Teubang Phui Mesjid, Montasik, Aceh Besar. Hasil analisis salinitas menunjukkan tingkat salinitas air sumur di dusun tersebut berkisar antara 5‰ sampai 7‰. Air sumur yang dirasakan asin oleh masyarakat di dusun tersebut memiliki nilai salinitas sebesar 6‰ dan 7 ‰. Hasil identifikasi zat terlarut didapatkan di dalam air sumur tersebut megandung unsur S, Na, Ca, K, Mg, Fe, Si, NaCl dan CaCl2. Senyawa yang menyebabkan air tersebut terasa asin yaitu NaCl, CaCl2, dan senyawa sulfida. Kata kunci: Air sumur di Dusun Teubareh, Salinitas, Unsur kimia terlarut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES UPACARA BERINAI PADA PENGANTIN DI DESA TEUBANG PHUI BARU KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Novianti Surya Putri, 2018)

KEPADATAN JENTIK NYAMUK AEDES SPP DI GAMPONG PEURADA, KECAMATAN SYIAH KUALA, KOTA BANDA ACEH (ARIF GUMILAR, 2018)

KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP MESJID KERAMAT DI GAMPONG UJONG PASI KAB. NAGAN RAYA (INDAH MARDIAH, 2018)

DINAMIKA USAHA KERAJINAN BORDIR MOTIF ACEH DI GAMPONG DAYAH DABOH KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR 1991-2016 (Puji April Yanti, 2018)

PERKEMBANGAN SOSIAL EKONOMI PENGRAJIN PANDE BESI RNDI GAMPONG BAET MESJID KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR, 1992-2014 (OPI ARISKA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy