//

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA DAN ENGKLEK GEMPA BUMI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN SISWA MIN RUKOH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BUDIMAN - Personal Name
SubjectDISASTER PREPAREDNESS
EARTHQUAKES - DISASTER SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Magister Ilmu Kebencanaan Unsyiah
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Gempa Bumi, Ular Tangga, Engklek Penelitian yang berjudul “Efektivitas Penggunaan Media Ular Tangga dan Engklek Gempa Bumi Terhadap Pengetahuan dan Kesiapsiagaan Siswa MIN Rukoh Banda Aceh” bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, kesiapsiagaan siswa, aktivitas siswa, dan efektivitas penggunaan media setelah menggunakan media permainan ular tangga dan engklek gempa bumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Rukoh Banda Aceh sebanyak 59 orang. Hasil belajar siswa diukur melalui soal tes, aktivitas siswa diukur dengan lembar observasi, sedangkan kesiapsiagaan siswa dan efektivitas penggunaan media diukur melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 84,75%, kesiapsiagaan siswa tergolong sangat siap dengan rerata persentase sebesar 99,3%, aktivitas siswa tergolong tinggi dengan rerata persentase sebesar 92,53%, dan penggunaan media permainanulartangga dan engklekgempabumi sangat efektif digunakan dalam pembelajaran tentang kesiapsiagaan gempa bumi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media ular tangga dan engklek gempa bumi efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa kelas V MIN Rukoh Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPARNBUMI DAN TSUNAMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR RNSIAGA BENCANA DAN NON SIAGA BENCANARNDI BANDA ACEH (MABRUR RIZA, 2015)

MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI BAGI DIFABEL DI KABUPATEN ACEH TENGAH TAHUN 2015 (Muhammad Daud, 2016)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI GEMPA BUMI UNTUK MENINGKATKAN KESIAP SIAGAAN SISWA SMAN 5 BANDA ACEH (FITRISSANI, 2014)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN MASYARAKAT DENGAN SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA DI DESA LAMBUNG KOTA BANDA ACEH (Zulfan, 2015)

KESIAPSIAGAAN GURU DALAM MENGHADAPI BENCANA RNGEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI SEKOLAH DASAR RNNEGERI DI WILAYAH KECAMATAN MEURAXA RNDAN KUTA ALAM: A COMPARATIVE STUDY (ALFIYATUL RAHMI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy