//

PERAN KADAR BERSIHAN LAKTAT SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS SEPULUH HARI PERTAMA PADA PASIEN SEPSIS BERAT DI RSUD. DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulina Debbyousha - Personal Name
SubjectSURVIVAL
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Pendidikan Dokter Spesialis
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Peran kadar bersihan laktat sebagai prediktor mortalitas sepuluh hari pertama pada pasien sepsis berat di RSUD. Dr.Zainoel Abidin Banda Aceh Latar belakang : Sepsis berat adalah sepsis dengan disfungsi organ dan kelainan perfusi. Sepsis berat salah satu masalah kesehatan utama dengan mortalitas tinggi dan terus meningkat.Kadar bersihan laktat adalah pengukuran nilai laktat pada dua waktu yang berurutan, yaitu 6 jam pertama penanganan pasien dengan sepsis berat. Pemeriksaan ini tidak mahal dan merupakan parameter klinis yang mudah dilakukan dengan tindakan invasif minimal. Parameter ini menunjukkan perubahan kinetik dan metabolisme anaerob, berguna dalam mengevaluasi beratnya penyakit dan adekuasi terapi. Hubungan antara bersihan laktat dan mortalitas jangka pendek pada pasien belum sepenuhnya dipahami. Tujuan : Mengkaji peran kadar bersihan laktat sebagai prediktor mortalitas sepuluh hari pertama pada pasien sepsis berat di RSUD dr.Zainoel Abidin Banda Aceh Metode : Penelitian dilakukan secara kohort prospektif sejak Juli 2015 – Oktober 2015 pada pasien sepsis berat oleh berbagai etiologi di ruang IGD serta ruang rawat penyakit dalam RSUD Dr.Zainoel Abidin Banda Aceh. Subjek penelitian berjumlah 54 orang, dibagi menjadi 2 kelompok, 27 orang kelompok kadar bersihan laktat tinggi (> 10 %) dan 27 orang kelompok kadar bersihan laktat rendah (

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN NEUTROPHIL LYMPHOCYTE RATIO SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS PADA PASIEN SEPSIS (Dr. Imelda, 2019)

PERBANDINGAN KADARLAKTAT YANG TINGGI DENGAN KADAR LAKTAT YANG RENDAH TERHADAP KESINTASAN PASIEN SEPSIS BERAT YANG DISEBABKAN OLEH PNEUMONIA RNDI RSUD DR. ZAINOELABIDIN BANDA ACEH (Eva Musdalita, 2014)

HUBUNGAN EOSINOPENIA SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS PASIEN SEPSIS DI RUMAH SAKIT UMUM DR ZAINOEL ABIDIN (Dhanang Ali Yafi, 2016)

HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH DENGAN LUARAN SEPSIS NEONATORUM DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RAHMI ANNISA SYARLI, 2015)

PENINGKATAN PROCALCITONIN UNTUK MENILAI DERAJAT SEPSIS PADA PASIEN PNEUMONIA (Wachyoe Hadi Saputra, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy