//

PENGARUH FREKUENSI PENGOLAHAN TANAH DAN DOSIS PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG TANAH (ARACHISHYPOGAEAL.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Bahrizal - Personal Name
SubjectSOIL
MANURES
PEANUTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil tanaman kacangtanahakibatfrekuensi pengolahan tanah dandosispupukkandangyang berbeda, serta interaksi antara kedua perlakuan tersebut. Penelitian dilaksanakan dari 22 Januari sampai 15 Mei 2015 di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, dengan jenis tanah Entisol dan ketinggian tempat 3 m dari permukaan laut. Bahan-bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah benih kacang tanah varietas lokal Kuala Batee berasal dari Aceh Barat Daya, jumlah benih yangdigunakan sebanyak ±3 kg. Total pupuk kandang sebanyak 81 kg,pupuk NPK anorganik Phonska sebanyak 100kg ha , dengan kadar Nitrogen (N)= 15%, Fosfat (P 2 O 5 )=15%, Kalium (K 2 O)=15%. Sedangkan alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah cangkul, parang, tugal, gembor, meteran, timbangan analitik, oven, hand sprayer, gunting tanaman, tali rafia dan alat tulis. Rancangan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah rancangan Acak kelompok pola faktorial 3 x 3 dengan 3 ulangan. Faktor yang di teliti meliputi frekuensi pengolahan tanah yang terdiri atas 3 taraf yaitu tanpa olah tanah, pengolahan tanah 1 kali dan pengolahan tanah 2 kali. Faktor dosis pupuk kandang yang terdiri atas10 ton ha -1 , 20 ton ha -1 , dan 30 ton ha -1 . Peubah yang diamati adalah tinggi tanaman, diameter batang dan jumlah cabang umur 15, 30 dan 45 HST, jumlah polong bernas pertanaman, berat 100 biji kering dan potensi hasil per ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi pengolahan tanah berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman, diameter batang dan jumlah cabang umur 15, 30 dan 45 HST, jumlah polong bernas per tanaman, berat 100 biji kering dan potensi hasil per hektar. Perlakuan pupuk kandang berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 45 HST, dan berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanamanumur 15 dan 30 HST, diameter batang dan jumlah cabang umur 15, 30 dan 45 HST, jumlah polong bernas per tanaman, berat 100 biji kering dan potensi hasil per hektar. Terdapat interaksi yang tidak nyata antara frekuensi pengolahan tanah dengan dosis pupuk kandang terhadap semua peubah pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah yang diamati. Kata Kunci : Tanah Entisol, Pupuk kandang, NPK anorganik Phonska, Kacang tanah. -1

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR DAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGAEA L.) (ANDI FAHREZA, 2018)

PENGARUH FREKUENSI PENGOLAHAN TANAH DANDOSIS PUPUK MAGNESIUM KIESERIETE TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERRIL) (aqshal assalam, 2014)

PENGARUH PUPUK ORGANIK DAN VARIETAS TERHADAP PERTUMBUHAN, EFISIENSI PRODUKSI DAN SERAPAN N, P, K KACANG TANAH PADA LAHAN KERING TANAH VERTIC UTRUDEPT (Sri Mulyani, 2018)

PENGARUH DOSIS BIOCHAR DAN PUPUK KANDANG TERHADAP SIFAT KIMIA ENTISOL DAN HASIL KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGAEA L.) MUSIM TANAM KEDUA (MIRA YUNILASARI, 2019)

KOMPOSISI BIOCHAR PADA MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK RNUREA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAHE RNGAJAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR OFFICINALE) (YUSMANIDAR, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy