//

PERBEDAAN KOMPOSISI TEPUNG DAUN GAMAL (GLIRICIDIA SEPIUM) DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Evi Cilvia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan bandeng (Chanos chanos) yang diberi pakan buatan daun gamal dengan konsentrasi yang berbeda telah dilakukan di Balai Benih Air payau Ujung Batee Aceh Besar pada tanggal 17 Maret sampai 15 Mei 2015. Penelitian ini bertujuan mengetahui proporsi tepung daun gamal (Gliricidia sepium) yang optimal terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan bandeng sebagai bahan baku pakan nabati. Penelitian ini menggunakan metode acak lengkap dengan 6 taraf perlakuan dan 3 kali ulangan. Wadah yang digunakan yaitu toples plastik yang berukuran 25L, setiap wadah berisi ikan 10 ekor. Perlakuan meliputi perbedaan konsentrasi daun gamal dalam pakan ; A (tanpa penambahan daun gamal 0%), B (penambahan daun gamal 5%), C (penambahan daun gamal 10%), D (penambahan daun gamal 15%), E (penambahan daun gamal 20%), F (penambahan daun gamal 25%) dalam pakan. Hasil uji sidik ragam (ANOVA) menunjukkan bahwa perbedaan konsentrasi daun gamal dalam pakan berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan mutlak, pertumbuhan spesifik (P 0,05). Pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan bandeng terbaik pada perlakuan 0% daun gamal (kontrol), namun tidak berbeda nyata dengan perlakuan 5% dan 10% daun gamal. Oleh karena itu untuk menekan biaya pakan maka penambahan daun gamal dalam pakan ikan bandeng dapat dilakukan dengan dosis 5-10%. Kata kunci : Ikan bandeng, daun gamal, pertumbuhan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN GAMAL(GLIRICIDIA SEPIUM) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (Taufiqul Rusydisyah, 2015)

PEMANFAATAN TEPUNG ANGGUR LAUT (CAULERPA LENTILLIFERA) DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN BANDENG (CHANOS-CHANOS) (Nadri Solin, 2019)

PENGARUH EKSTRAK DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (Musaddaq, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK BERBAHAN BAKU LOKAL TERHADAP PERTUMBUHAN, EFISIENSI PAKAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN BANDENG (CHANOS-CHANOS) (Putra Afdhal, 2019)

UJI SELEKTIVITAS PISISSIDA EKSTRAK METANOL DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) TERHADAP MORTALITAS IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) DAN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (IKHLASUL AMAL, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy