//

PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH BERDASARKAN JENIS KELAMIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maya Zahara - Personal Name
SubjectCHRONIC DISEASES - MEDICINE
PATIENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Penyakit gagal ginjal kronik adalah suatu gangguan fungsi renal yang progresif dan ireversibel dimana tubuh gagal dalam mempertahankan metabolisme dan keseimbangan elektrolit. Pasien yang mengalami penyakit gagal ginjal kronik diharuskan menjalani perawatan rutin seumur hidup salah satunya yaitu melalui terapi hemodialisis. Terapi tersebut selain membantu pasien juga memiliki efek negatif terhadap pasien baik secara fisik maupun psikologis pasien seperti kelelahan, kram otot, gangguan dalam proses berpikir dan konsentrasi. Kondisi tersebut secara langsung dapat memengaruhi psikologis pasien yang berdampak pada keadaan psychological well-being pasien baik laki-laki maupun perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan psychological well-being pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis di RSUDZA Banda Aceh berdasarkan jenis kelamin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 62 pasien gagal ginjal kronik (31 pasien laki-laki dan 31 pasien perempuan) dari rentang usia antara 25-65 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan skala adaptasi Ryff’spsychological well-being scale. Uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test yang menunjukkan taraf signifikansi p=0,240 (p>0,05) dengan koefisien reliabilitas 0,80. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada psychological well-being pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis di RSUDZA Banda Aceh berdasarkan jenis kelamin, maka dapat disimpulkan bahwa pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis di RSUDZA Banda Acehmemiliki psychological well-being yang sama antara laki-laki dan perempuan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Nadya Syahana, 2015)

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (PUTRI SRI WAHYUNI, 2016)

HUBUNGAN DIABETES MELLITUS DAN NON DIABETES MELLITUS DENGAN SURVIVAL RATE PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH PERIODE 2011-2015 (Nurul Fitria, 2017)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN SKOR MINI-MENTAL STATE EXAMINATION (MMSE) PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Cut Nadhira Mazaya, 2016)

GAMBARAN LAJU ALIRAN SALIVA PADA PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Yuriza, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy