//

ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI LELE DUMBO MEDIA KOLAM TERPAL PADA USAHA CATFISH DI DESA LAMJAME KECAMATAN JAYA BARU KOTA BANDA ACEH ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI LELE DUMBO MEDIA KOLAM TERPAL PADA USAHA CATFISH DI DESA LAMJAME KECAMATAN JAYA BARU KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HARMALISA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Salah satu produk ikan tawar yang banyak digemari masyarakat saat ini adalah ikan lele dumbo. Ikan lele dumbo mempunyai kelebihan dibandingkan ikan air tawar lainya hal ini terlihat dari sifat ikan lele dumbo, dimana yaitu 1) dapat di budidayakan di lahan dan sumber air yang terbatas dengan padat tebar tinggi, 2) teknologi budidaya relatif mudah dikuasai oleh masyarakat, 3) pemasarannya relatif mudah dan 4) modal usaha yang dibutuhkan relatif rendah. Mengacu terhadap pertumbuhan usaha ikan lele dumbo saat ini, tentunya besarnya produksi dan produktivitas sangat bervariasi, dengan kondisi ini maka perlunya penelitian yang lebih lanjut tentang analisis produksi dan produktivitas budidaya ikan lele di Kota Banda Aceh Penelitian ini dilakukan di UD. Catfish di Desa Lamjame Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Objek penelitian ini dilakukan pada usaha yang bergerak dalam usaha budidaya ikan lele dengan media kolam terpal, ruang lingkup penelitian ini terbatas pada masalah faktor-faktor produksi dan produktivitas usaha budidaya ikan lele. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis produktivitas dan cob douglas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pendapatan pengusaha ikan lele dumbo dengan media Terpal UD. Catfish yaitu Rp.6.441.607 per MP, dimana berdasarkan analisis produktivitas bahwa tingkat produktivitas tenaga kerja mencapai 19,12 Kg/HOK/MP. Serta produktivitas benih yang digunakan sebesar 0,135 Kg/Ekor/MP. Sedangkan hasil analisis cob douglas menunjukkan bahwa variable jumlah bibit, jumlah pakan dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap produksi ikan lele dumbo. Untuk meningkatkan pendapatan dan membantu perekonomian masyarakat, penulis menyarankan pengusaha usaha bididaya ikan lele menambah produksinya, memperluas daerah pemasarannya sehingga akan menyerap banyak tenaga kerja Kata Kunci : Budidaya, Lele Dumbo, Pendapatan, Produktivitas, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENDAPATAN PADA USAHA PENDEDERAN BENIH IKAN LELE DUMBO (CLARIAS GARIEPINUS BRUCHELL) DI BALAI AIR TAWAR JANTHO BARU KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI ACEH (Abdul Rauf, 2016)

IDENTIFIKASI BAKTERI AEROMONAS HYDROPHILA DENGAN UJI MIKROBIOLOGI PADA IKAN LELE DUMBO (CLARIAS GARIEPINUS) YANG DIBUDIDAYAKAN DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Rika Anggraini, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN TUMBUHAN MATA LELE (AZOLLA PINNATA) TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN IKAN LELE DUMBO (CLARIAS FUSCUS) (Cut Nazia Izzati, 2015)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA PEMBUDIDAYAAN IKAN NILA (OREOCHORMIS NILATICUS) DI DESA GAMPONG BARO KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH (boby parlianto, 2015)

STRATEGI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN TAMBAK UDANG WINDU (PENAEUS MONODON)DI DESA ULEE ATEUNG KECAMATAN MADAT KABUPATEN ACEH TIMUR (RIFKY AGUSTIAN, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy