//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmad Diyansyah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
TPS TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share (TPS), Kubus dan Balok. Hasil belajar sangat penting untuk ditingkatkan mengingat kubus dan balok merupakan salah satu pokok bahasan yang diajarkan di kelas VIII SMP. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru dapat berusaha dengan menerapkan model-model pembelajaran. Model-model pembelajaran dapat disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan, diantara beberapa model pembelajaran, model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) termasuk model pembelajaran yang dapat dan mudah digunakan dan dilaksanakan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi kubus dan balok dikelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII4 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Pendekatan yang dilakukan dalam eksperimen ini adalah pre experimental dengan desain one-shot case study. Jenis penelitian ini adalah jenis kuantitatif sesuai dengan tujuannya. Data penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar dan ditambah dengan data pendukung lainnya seperti observasi kemampuan guru mengelola pembelajran, observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan ∝=0,05 dan derajat kebebasan "dk =" (n-1)=20-1=19, dengan mula-mula menguji normalitas data, dari hasil perhitungan didapat kelas berdistribusi normal sehingga uji-t bisa dilakukan. Pada uji-t diperoleh t_Hitung= 3,45 dan dari tabel distribusi t diperoleh t_Tabel = t_(0,95)(19) =1,73. Berarti t_Hitung lebih besar dari t_Tabel dimana diperoleh 3,45>1,73, maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh telah mencapai ketuntasan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Rahmad Diyansyah, 2013)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 18 BANDA ACEH (nur maulidawati, 2013)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (IIN ZIKRA MAULIDA, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT)PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (MUHAMMAD NUR, 2013)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI HANDS ON PROBLEM SOLVING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA CAEH (Annisa Mustika, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy