Search :

Advance


Pengaruh Komposisi Media Tanam dan Dosis Pupuk NPK Mutiara 16:16:16 terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai (Capsicum annum L.)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang arif munandar - Personal Name
Subyek FERTILIZERS
HOT SPICES (CHILI)-AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

RINGKASAN ARIF MUNANDAR. Pengaruh Komposisi Media Tanam dan Dosis Pupuk NPK Mutiara 16:16:16 terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai (Capsicum annum L.), dibawah bimbingan Elly Kesumawati sebagai pembimbing utama dan Marai Rahmawati sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi media tanam dan dosis pupuk NPK Mutiara 16:16:16 terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai (Capsicum annum L). Penelitian ini dilaksanakan di Stasiun Penelitian Pertanian, Substasiun Hortikultura Organik Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh, yang berlangsung dari Desember 2012 sampai dengan Mei 2013. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah benih cabai varietas Lado F1, media tanam berupa tanah, arang sekam dan pupuk kandang, pupuk NPK Mutiara 16:16:16, Furadan 3 G, Insektisida Agrimec 18 EC dan ZPT Dekamon 22,43 g/L air. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 3 x 3 dengan tiga ulangan. Penelitian terdiri dari 2 faktor, faktor pertama yaitu komposisi media tanam yang terdiri dari tanah + arang sekam (2:1), tanah + pupuk kandang (2:1) dan tanah + arang sekam + pupuk kandang (1:1:1), perbandingannya berdasarkan volume. Sedangkan faktor kedua yaitu dosis pupuk NPK Mutiara 16:16:16 yang terdiri dari 150, 250 dan 350 kg/ha. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman dan diameter batang umur 15, 30, 45 dan 60 hari setelah tanam (HST), jumlah cabang umur 30 dan 60 HST, berat buah per tanaman, jumlah buah per tanaman dan diameter buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi media tanam berpengaruh nyata terhadap berat buah per tanaman, jumlah buah per tanaman dan diameter buah, tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman dan diameter batang umur 15, 30, 45 dan 60 HST serta jumlah cabang pada umur 30 dan 60 HST. Hasil tanaman cabai terbaik dijumpai pada komposisi media tanam tanah + arang sekam + pupuk kandang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis pupuk NPK Mutiara 16:16:16 berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman dan diameter batang umur 60 HST serta diameter buah, dan berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan diameter batang umur 30 dan 45 HST, jumlah cabang umur 30 dan 60 HST, berat buah per tanaman serta jumlah buah per tanaman, namun berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman dan diameter batang umur 15 HST. Pertumbuhan dan hasil tanaman cabai terbaik dijumpai pada pemberian pupuk NPK Mutiara 16:16:16 dengan dosis 250 kg/ha. Terdapat interaksi yang tidak nyata antara komposisi media tanam dan dosis pupuk NPK Mutiara 16:16:16 terhadap semua paramater pertumbuhan dan hasil tanaman cabai yang diamati.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DOSIS MIKORIZA ARBUSKULAR DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI RAWIT RN(CAPSICUM FRUTENSCENS PENGARUH DOSIS MIKORIZA ARBUSKULAR DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI RAWIT RN(CAPSICUM FRUTENSCENS L) (fitri wahyuni, 2015)

PENGARUH MEDIA TANAM DAN FUNGSI MIKORIZA ARBUSKULAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM,L.) (ERMA JUNITA, 2015)

PENGARUH PUPUK ORGANIK GRANUL TERHADAP RNPERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN CABAI RAWIT RN(CAPSICUM FRUSTESCENS L.) (ismayana, 2014)

PENGARUH DOSIS KOMPOS LIMBAH BUBUK KOPI DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) (Jauhar Fuadi, 2016)

PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA) TERHADAP PERTUMBUHAN CABAI MERAH(CAPSICUM ANNUM L.) (Hazyuniati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.