//

PENGUJIAN RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN (SWALAYAN) DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ovi Juliana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Para peternak ayam broiler menggunakan antibiotik untuk meningkatkan produksi dan penyembuhan penyakit pada ternaknya. Antibiotik penisilin, tetrasiklin, dan eritromisin ialah antibiotik yang sering digunakan di peternakan. Penggunaan antibiotik secara berlebih akan menyebabkan residu antibiotik pada ayam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya residu antibiotik pada daging ayam broiler yang dijual di pasar tradisional dan pasar modern (swalayan) di kota Banda Aceh. Penelitian dilaksanakan di UPTD Laboratorium Veteriner Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan kota Banda Aceh. Jumlah sampel sebanyak enam sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah metode uji tapis (screening test) secara bioassay, sesuai dengan SNI 7424;2008 dengan menggunakan bakteri uji Kocuria rizophilla, Bacillus subtilis, dan Bacillus cereus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daging ayam yang dijual di pasar tradisional dan pasar modern (swalayan) tidak mengandung residu antibiotik dan aman dikonsumsi oleh masyarakat. Kata Kunci: residu, antibiotik, ayam, bioassay.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DETEKSI RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING BROILER YANG TERDAPAT DI BEBERAPA PASAR TRADISIONAL KABUPATEN PIDIE (Muhammad Afzal, 2015)

DETEKSI RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING AYAM BROILER DI BALAI VETERINER BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (NURUL HILDANI, 2019)

DETEKSI KANDUNGAN FORMALIN PADA DAGING AYAM BROILER (GALLUS DOMESTICUS) DI PASAR KOTA BANDA ACEH (Rizki Wulandari, 2015)

RESISTENSI STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR ULEE KARENG BANDA ACEH TERHADAP ANTIBIOTIK (Suryani, 2018)

DAMPAK KEMUNCULAN PASAR MODERN TERHADAP PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DI KOTA BANDA ACEH (Kasman Rasyidin, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy