//

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Iwan Saputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Emosi,Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Siswa Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional. Rumusan Masalah penelitian ini adalah adakah hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 3 Banda Aceh yang seluruhnya berjumlah 65 orang. Sampel penelitian ini adalah 56 siswa, menggunakan metode random sampling.Pendekatanpenelitian kuantitatif dan jenis penelitian korelasional ex-postfacto. Pengumpulan data dilakukan dengan angket Kecerdasan Emosional, dan dokumentasi prestasi belajar siswa dengan melihat nilai rapor siswa kelas VI semester I tahun ajaran 2014/2015.. Pengolahan data menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan nilai koefisien korelasi variabel kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,792 berada pada kategori kuat mengacu pada kategori yang dirumuskan oleh Sugiyono yang berkisar 0.60 – 0.799. Dan koefisien korelasi 0,792 juga signifikansi karena rh (0,792), lebih besar dari r tabel (0,226) dengan taraf signifikan (0,05). Dengan demikian, ada hubungan yang kuat dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Banda Aceh. Disarankan penelitian tentang hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa dapat dilanjutkan oleh peneliti lain sehingga dapat terungkap hal-hal yang belum terungkap melalui penelitian ini, misalnya hubungan antara kecerdasan emosional dengan stres belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 BANDA ACEH (Iwan Saputra, 2015)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Mukhlisah, 2016)

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 RNBANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Maulana Agus Syahputra, 2015)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH (Zulkarnaini, 2016)

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SEBAGAI FAKTOR KONTROL (Irham Solehidin, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy