//

PENGARUH MANUVER PARKIR KENDARAAN TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DI JALAN K.H. AHMAD DAHLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UNDERWOOD

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Fahra Marissa - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
MODEL UNDERWOOD
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kota Banda Aceh merupakan salah satu kota yang mengalami pertumbuhan penduduk dan ekonomi yang cukup pesat yang mengakibatkan kebutuhan akan kepemilikan kendaraan dan jalan di kota tersebut juga semakin besar. Jalan K.H. Ahmad Dahlan merupakan jalan utama yang terdapat banyak bangunan dan merupakan daerah Central District Bussiness (CBD). Hal ini mendorong meningkatnya aktivitas yang membuat volume lalu-lintas kendaraan menjadi tinggi. Karakteristik dari arus lalu-lintas dapat dipelajari dengan menggunakan beberapa model, yaitu Greenshield, Greenberg, dan Underwood. Penelitian ini hanya satu model yang digunakan yaitu model Underwood. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manuver parkir kendaraan pada badan jalan terhadap model karakteristik lalu-lintas dengan menggunakan model Underwood pada ruas Jalan K.H. Ahmad Dahlan pada saat jam puncak (peak hour) dan jam sepi (off peak hour). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat dilihat kecepatan rata-rata mengalami penurunan pada saat kondisi manuver in dan out selama tiga hari pengamatan saat peak hour dan off peak hour. Hal ini disebabkan oleh volume rata-rata dan kepadatan rata-rata pada saat kondisi manuver in dan out memliki volume rata-rata yang lebih besar dibandingkan dengan hari dan kondisi lainnya. Analisa korelasi pada hubungan antara kecepatan-kepadatan dan volume-kepadatan dengan pengaruh manuver memliki hubungan yang kuat dengan rata-rata nilai determinasinya mendekati 1 dan nilai korelasi yang mendekati -1. Hal tersebut menjelaskan bahwa hubungan kepadatan-kecepatan dan volume-kepadatan memiliki hubungan yang kuat yang berarti bahwa Model Underwood dapat menggambarkan dengan kuat kondisi karakteristik arus lalu-lintas pada Jalan K.H. Ahmad Dahlan terhadap pengaruh manuver parkir. Nilai determinasi dari hubungan volume-kecepatan memiliki nilai determinasi yang beragam dan lebih kecil dibandingkan dengan nilai hubungan kecepatan-kepadatan dan volume-kepadatan. Hal ini menunjukkan bahwa Model Underwood menggambarkan kondisi karakteristik arus lalu-lintas pada jalan K.H. Ahmad Dahlan terhadap pengaruh manuver parkir dalam kategori sedang hingga lemah. Kata kunci: karakteristik arus lalu-lintas, manuver parkir, Underwood.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN DENGAN MODEL GREENSHIELDS, GREENBERG DAN UNDERWOOD PADA RUAS JALAN LUAR KOTA KAWASAN GUNUNG GEURUTEE (ARI JUANDA, 2019)

PENGARUH MANUVER KENDARAAN PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP PENURUNAN KAPASITAS DAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS JALAN TEUKU UMAR KOTA BANDA ACEH (YUSMADI, 2019)

PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS DI JALAN DIPONEGORO PASAR ACEH (DARA AULIA ULFA, 2018)

MODEL HUBUNGAN KECEPATAN, KEPADATAN, DAN VOLUME LALU LINTAS DIJALAN T. HASAN DEK KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE UNDERWOOD (SETYAWAN SYAH PUTRA SINAGA, 2014)

STUDI TINGKAT PELAYANAN JALAN, BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN DAN MANAJEMEN LALU LINTAS DI RUAS JALAN K.H.AHMAD DAHLAN BANDA ACEH (M Rizky Pahlevi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy