//

PERANAN KOMUNIKASI KEUCHIK UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN GAMPONG (PENELITIAN PADA GAMPONG GEULANGGANG LABU KECAMATAN PEUSANGAN SELATAN KABUPATEN BIREUEN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fakhrurrazi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Peranan Komunikasi Keuchik untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Gampong”. Permasalahannya adalah komunikasi antara Keuchik dengan masyarakat kurang terjalin dengan baik dan partisipasi masyarakat masih kurang dalam pembangunan gampong. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan komunikasi Keuchik untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan gampong, bentuk partisipasi masyarakat, dan kendala dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dan informasi diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam kepada informan, kemudian dilakukan observasi dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan melakukan reduksi data, diklasifikasikan, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga peran Keuchik berdasarkan fungsinya, yaitu Fungsi instruktif, konsultatif, dan partisipatif, selain itu partisipasi masyarakat dinilai masih belum cukup memadai, hal ini dilihat dari jumlah keikutsertaan masyarakat dalam proses pembangunan gampong, adapun kendala Keuchik dalam meningkatkan partisipasi masyarakat adalah kurangnya kesadaran dan minimnya pengetahuan masyarakat tentang pembangunan, serta masyarakat terlalu berharap diberi upah pada setiap pembangunan yang dilakukan. Saran kepada Keuchik dan masyarakat, Keuchik harus membangun komunikasi dengan baik, sehingga apa yang disampaikan dapat diterima oleh masyarakat. Masyarakat diharapkan supaya lebih partisipatif dalam proses pembangunan gampong. Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Partisipasi masyarakat, Pembangunan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN CAMAT DALAM PENGAMBILAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR GAMPONG RN(STUDI PENELITIAN DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR) (Ade Rahmadshah, 2014)

TIPOLOGI KEPEMIMPINAN GEUCHIK GAMPONG PEUNITI KECAMATAN BAITURRAHMAN (SUATU KAJIAN TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN GAMPONG) (Kurniawan Akbar Syahputra, 2016)

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA PUUEK DI KECAMATAN PEULIMBANG KABUPATEN BIREUEN (mahmudi, 2014)

UPAYA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) (STUDI TERHADAP PENGELOLA TOKO KELONTONG DI GAMPONG UTEUN GATHOM KECAMATAN PEUSANGAN SELATAN KABUPATEN BIREUEN) (Liza Zainora, 2017)

PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT, KAPASITAS APARATUR GAMPONG DAN PENGAWASAN BADAN PERMUSYAWARATAN GAMPONG TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN ALOKASI DANA GAMPONG (STUDI PADA KECAMATAN GEUMPANG, MANE, DAN TANGSE KABUPATEN PIDIE) (Rizky Ananda Sari, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy