//

STRUKTUR KOMUNITAS ECHINOIDEA DI PERAIRAN KAWASAN PESISIR KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SARAYULIS - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian tentang Struktur Komunitas Echinoidea di perairan kawasan Pesisir Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 sampai 10 Mei 2015 yang bertujuan untuk mengetahui kelimpahan, dominansi dan keanekaragaman Echinoidea di kawasan Pesisir Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan adalah metode purposive sampling. Pengambilan data dilakukan pada siang hari saat air menjelang surut di kawasan perairan pesisir Gampong dalam Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Kawasan penelitian di bagi kepada 6 stasiun, setiap stasiun terdiri dari tiga kali sampling dengan jarak setiap sampling 10 meter. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan petak tunggal dengan ukuran 10 m x10 m persegi pada setiap stasiun. Hasil penelitian ditemukan total 738 individu dan lima spesies dari Echinoidea yaitu Diadema setosum, Echinothrik calamaris, Echinothrik diadema, Tripneustes gratilla, dan Arbacia lixula. Kelimpahan echinoidea berkisar antara 0,017 ind/m 2 sampai 1,03 ind/m 2 . Indeks keanekaragaman berkisar antara 0,00 sampai 1,832, dominansi berkisar antara 0,299 sampai 1,00. Kesimpulan adalah (1) kelimpahan rendah sampai tinggi. (2) keanekaragaman rendah sampai sedang, (3) dominansi rendah sampai tinggi. Kata kunci : Echinoidea, keanekaragaman, dominansi, Sawang

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRUKTUR KOMUNITAS ECHINOIDEA (BULU BABI) DI PERAIRAN PESISIR PANTAI TELUK NIBUNG KECAMATAN PULAU BANYAK KABUPATEN ACEH SINGKIL (Ibrahim, 2017)

STRUKTUR KOMUNITAS DAN PERSENTASE LUAS PENUTUPAN MAKROALGA DI PERAIRAN TELUK KABUPATEN ACEH SELATAN (LINDA FITRIA, 2015)

POLA DISTRIBUSI DAN PEMETAAN ECHINOIDEA DI PERAIRAN LHOKSEUDU KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Dara Mauliana, 2017)

KOMPOSISI EPIFAUNA BERDASARKAN SUBSTRAT DASAR PERAIRAN DI KAWASAN PESISIR KECAMATAN TAPAKTUAN DAN LABUHAN HAJI KABUPATEN ACEH SELATAN (Gita viadanti . A, 2015)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOSRNYANG BERASOSIASI DENGAN EKOSISTEM MANGROVE RNDI PERAIRAN KUALA LANGSA RNKOTA LANGSA (MUHADHIR, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy