//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA PADA MATERI PARTISIPASI DALAM USAHA PEMBELAAN NEGARA DI KELAS IX SMP NEGERI 2 RANTAU SELAMAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jamilah - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share, Hasil Belajar Penelitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Partisipasi dalam Usaha Pembelaan Negara di Kelas IX SMP Negeri 2 Rantau Selamat ini mengangkat masalah bagaimanakah gambaran penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi partisipasi dalam usaha pembelaan negara di kelas IX SMP Negeri 2 Rantau Selamat. Penelitian ini bertujuan Untuk: (1) Untuk mengetahui guru di kelas IX SMP Negeri 2 Rantau Selamat menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi partisipasi dalam usaha pembelaan negara? (2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi partisipasi dalam usaha pembelaan negara dapat meningkatkan hasil belajar di kelas IX SMP Negeri 2 Rantau Selamat, (3) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi siswa di kelas IX SMP Negeri 2 Rantau Selamat dalam pembelajaran PKn?. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Rantau Selamat yang berjumlah 36 orang siswa pada tahun pelajaran 2012/2013. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan : (1)Wawancara dengan subjek penelitian, (2) Lembar Observasi, (3) dokumentasi serta alat tes berupa tes akhir tiap tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share pada materi partisipasi dalam usaha pembelaan Negara di kelas IX SMP Negeri 2 Rantau Selamat dilakukan dengan cara mengajarkan materi, memimpin diskusi kelompok dan menganalisis hasil belajar siswa, (2) Peningkatan prestasi belajar pada materi partisipasi dalam usaha pembelaan Negara di kelas IX SMP Negeri 2 Rantau Selamat dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat dilihat dari hasil Pra tindakan ditemukan, dari 36 siswa yang dijadikan sampel penelitian ini tidak ada siswa yang mencapai ketuntasan (0%) yang mencapai ketuntasan, pada siklus I juga sudah sedikit meningkat menjadi 27,77% atau 10 orang siswa, pada siklus II terjadi kenaikan yang cukup signifikan yaitu 88,89% atau 32 siswa sudah tuntas belajar dan (3) Kemampuan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran pada materi partisipasi dalam usaha pembelaan Negara di kelas IX SMP Negeri 2 Rantau Selamat dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share mengalami peningkatan yang cukup baik serta (4) Hambatan yang dihadapi siswa dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share yaitu banyak waktu yang terbuang atau tidak terpakai, terkadang hasil yang diharapkan tidak memuaskan, pembahasan materi terkadang menyimpang dari materi yang diajarkan dan kelas terasa gaduh karena terlalu banyak yang berbicara.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN UJONG KUTA (Murni Asdar, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 18 BANDA ACEH (nur maulidawati, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA MATERI MENULIS SURAT RESMI DI KELAS VI SD NEGERI 3 TAPAKTUAN (Wilda Aslita, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE CHANGE OF PAIRS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (FAHMI RIJA ARHAS, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy