//

GAMBARAN KOLONI SPESIES CANDIDA ORAL PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SALVINIA - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteraan Gigi
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Salvinia Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Gambaran Koloni Spesies Candida Oral pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di RSUDZA Banda Aceh. Diabetes melitus merupakan kelainan metabolik yang dikarakteristikkan oleh peningkatan kadar glukosa darah yang abnormal. Pertumbuhan spesies Candida oral secara signifikan meningkat pada pasien dengan diabetes melitus tipe 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran koloni spesies Candida oral pada pasien diabetes melitus tipe 2 di RSUDZA Banda Aceh. Penelitian deskriptif crossectional ini mengikutsertakan 38 pasien diabetes melitus tipe 2 di RSUDZA Banda Aceh mulai tanggal 6-20 April 2011. Spesimen yang berasal dari hasil kumur pasien diidentifikasi dengan media Chromagar Candida dan koloni dihitung menggunakan colony counter. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan C. albicans sebanyak 77,27%, C. tropicalis 19,06%, C. parapsilosis 3,50%, C. krusei 0,17% dan C. glabrata 0%. Simpulan dari penelitian ini adalah Candida albicans merupakan spesies yang paling banyak ditemukan, diikuti oleh C. tropicalis, C. parapsilosis, C. krusei dan tidak ditemukan C. glabrata. Kata kunci : Koloni spesies Candida oral, Diabetes melitus tipe 2.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL RETINOPATI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD ZAINAL ABIDIN BANDA ACEH (Uzi Mardha Phoenna, 2014)

GAMBARAN LAJU ALIRAN SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Putri Dini Setiawati, 2015)

PERBANDINGAN PH SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL (STUDI PADA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (NELFIA YUNANDA, 2017)

GAMBARAN GAYA HIDUP PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 SEBELUM MENDERITA DIABETES DI POLIKLINIK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 2010 (muhajir, 2014)

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER-PASIEN DENGAN KEPATUHAN MENJALANI PENGOBATAN PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 (Puti Andini Pradipta, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy