//

UJI PATOGENITAS BEAUVERIA BASSIANA PADA BEBERAPA MEDIA CAIR BUATAN TERHADAP MORTALITAS LARVA AEDES AEGYPTI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nina Anggraini - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan menguji patogenitas Beauveria bassiana yang diperbanyak pada beberapa jenis media cair. Penelitian dilakukan pada Desember 2013 sampai Juni 2015 di Laboratorium Mikrobiologi dan Laboraturium Zoologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala. Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari dua faktor yaitu tingkat pengenceran dan media cair buatan dengan kombinasi perlakuan sebanyak 72 unit. Tingkat pengenceran yang digunakan yaitu 10-1,10-2,10-3,10-4,10-5, dan 10-6, sedangkan media yang digunakan adalah kentang, ketela dan jagung. Hasil yang diperoleh yaitu tingkat pengenceran berbeda nyata terhadap mortalitas larva nyamuk Aedes aegypti instar III. Tingkat pengenceran 10-1 menyebabkan persentase mortalitas sebanyak 43,07% selama lima hari pengamatan. Hasil yang diperoleh pada media cair buatan juga menunjukkan hasil yang berbeda nyata terhadap mortalitas larva nyamuk A. aegypti instar III. Media cair buatan memiliki perbedaan dengan kontrol terhadap mortalitas larva nyamuk. Kata kunci: Nyamuk Aedes aegypti, jamur Beauveria bassiana, media cair buatan, tingkat pengenceran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI PATOGENITAS JAMUR BEAUVERIA BASSIANA TERHADAP BERBAGAI GENUS RAYAP YANG MENYERANG RUMAH DAN PERABOT RUMAH TANGGA (Miftahul Jannah, 2018)

PENGARUH EKSTRAK METANOL DAUN TAPAK KUDA (IPOMEA PES-CAPRAE) TERHADAP MORTALITAS LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI (Said Almukhsin, 2013)

PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN SEMBUKAN (PAEDERIA FOETIDA L.) SEBAGAI PESTISIDA NABATI TERHADAP MORTALITAS LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI (SITI PRATIWI, 2019)

EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN SIRIH HUTAN (PIPER ADUNCUM LINN.) TERHADAP MORTALITAS LARVA AEDES AEGYPTI INSTAR III. (BOY TRI JANPITER, 2016)

UJI TOKSISITAS EKSTRAK KECUBUNG (DATURA METEL) TERHADAP MORTALITAS LARVA AEDES AEGYPTI (Syarifah Raihan Mawaddah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy