//

HUBUNGAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL HADI - Personal Name
SubjectCOMMUNITY HEALTH SERVICE
NATIONAL HEALTH INSURANCE
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas Magister Keperawatan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

HUBUNGAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH Oleh: Nurul Hadi NIM: 1309200180013 Komisi Pembimbing: Dr. dr. Syahrul,Sp.S (K) Dr. Hermansyah, SKM., MPH ABSTRAK Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan jaminan perlindungan kesehatan yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan. Program JKN mengatur tentang sosialisasi, sistem pembiayaan dan kepesertaan. Untuk mengetahui program JKN sudah berjalan dengan baik atau tidak maka perlu dilakukan evaluasi melalui tingkat kepuasan pasien. Kepuasan dapat ditinjau dari dimensi SERVQUAL (Service Quality). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Program JKN dengan kepuasan pasien pada pelayanan Puskesmas Kota Banda Aceh. Penelitian bersifat analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional, dilakukan pada bulan Juni 2015 dengan teknik convenience sampling terhadap 349 peserta JKN di 11 Puskesmas Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara Program JKN dengan kepuasan ( p=0.021 ) dan terdapat hubungan antara sosialisasi (p=0.003), sistem pembiayaan ( p=0.001 ) dan kepesertaan ( p=0.003 ) Program JKN dengan kepuasan pasien. Disarankan bagi BPJS Kesehatan bekerjasama dengan Pemerintah untuk melakukan perbaikan pendataaan kepesertaan Program JKN. Kata Kunci: Program JKN, Kepuasan pasien, Pelayanan Puskesmas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN RAKYAT ACEH (JKRA) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT (STUDI PENELITIAN DI RUMAH SAKIT MEURAXA BANDA ACEH) (DINA FITRIANI, 2018)

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN APOTEK DI PUSKESMAS JEULINGKE KOTA BANDA ACEH (Putri Winanda, 2015)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN POLIKLINIK GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Muhammad Raditya Nanza, 2015)

ANALISIS KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA PUSKESMAS DAN KLINIK PRATAMA DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN (AULIA RAHMAN, 2016)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Popy Mauliza, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy