//

ADAPTASI MASYARAKAT GAMPONG LEUGE KABUPATEN ACEH TIMUR TERHADAP BENCANA BANJIR PASANG (IE TUARA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Youvan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Aceh Timur merupakan daerah yang rentan terhadap ancaman banjir. Gampong Leuge yang terletak di kecamatan Peureulak Aceh Timur merupakan salah satu gampong yang mengalami dampak banjir pasang (Ie Tuara) tahunan dalam berbagai sektor kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana sejarah bencana Ie Tuara yang terjadi pada masyarakat Gampong Leuge. 2) Bagaimana dampak dan pola adaptasi masyarakat Gampong Leuge terhadap bencana Ie Tuara. 3) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat adaptasi masyarakat Gampong Leuge dalam menghadapi bencana Ie Tuara. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif dan naratif. Penentuan responden dengan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan pendekatan penilaian partisipatif masyarakat gampong (PRA) dengan observasi partisipatif, penulusuran, wawancara terbuka dan mendalam terhadap narasumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan sejarah terdapat perubahan pola banjir pasang Ie Tuara yang berdampak kepada sektor tambak, sawah, hubungan sosial, lingkungan, dan struktur. Masyarakat melakukan serangkaian kegiatan adaptasi dan mekanisme bertahan untuk menyesuaikan diri terhadap Ie Tuara dalam mencapai suatu kearifan praktis (Phronesis). Faktor pendukung adaptasi adalah modal sosial dan lingkungan dan faktor penghambat adaptasi adalah kurangnya motivasi dan keterlibatan masyarkat dalam pembangunan. Diharapkan masyarakat dan pemerintah perlu bersama-sama memperkuat kapasitas dengan cara melibatkan, memberdayakan dan melindungi masyarakat yang rentan terhadap risko bencana.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN STRATEGI CO-MANAGEMENT UNTUK MENANGGULANGI BENCANA BANJIR (IE TUARA) DI GAMPONG LEUGE KABUPATEN ACEH TIMUR (Syubbah Abdi, 2017)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KONSERVASI HUTAN MANGGROVE DAN BENCANA DI DESA LEUGE KABUPATEN ACEH TIMUR (Muhammad Fajrianda, 2018)

UPAYA MASYARAKAT DALAM MENGURANGI RISIKO BENCANA BANJIR DI GAMPONG BUGA KECAMATAN SEULIMEUM ACEH BESAR (Novita Sari, 2017)

ANALISIS TINGKAT KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI KECAMATAN MEUREBO KABUPATEN ACEH BARAT (Saifuddin, 2015)

PERBEDAAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR PADA MASYARAKAT DAERAH RISIKO TINGGI DAN RISIKO RENDAH BANJIR DI GAMPONG BUGA DAN PEUKAN SEULIMEUM KECAMATAN SEULIMEUM ACEH BESAR (Dasma Intan Sari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy