//

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU GEOGRAFI DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTA BARO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Makmur - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
DUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Persepsi siswa, Hasil belajar Pendidikan erat kaitannya dengan proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran formal tersedia sarana dan prasarana penunjang serta harus dibimbing oleh seorang guru yang benar-benar berkompeten di bidangnya. Dalam proses belajar mengajar terjadinya proses interaksi antara siswa dengan guru. Apabila dalam interaksi tersebut adanya umpan balik dari siswa, berarti proses belajar mengajar lebih lancar. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada proses belajar mengajar yang dialami siswa dan guru. Penelitian ini mengangkat masalah apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap guru geografi dengan hasil belajar geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Baro. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap guru geografi dengan hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap guru geografi dengan hasil belajar siswa. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 55 siswa. Pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi sedangkan pengolahan data dengan teknik statistik korelasi serial dan uji-t. Hasil analisis data diketahui koefesien korelasi persepsi siswa terhadap guru geografi dengan hasil belajar siswa sebesar 0,305. Dari pengujian signifikan hubungan antara persepsi siswa terhadap guru dengan hasil belajar siswa didapatkan thitung 2,33 > ttabel 1,684. Artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap guru geografi dengan hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap guru geografi dengan hasil belajar geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Baro.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (PENELITIAN TERHADAP SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE) (Dara Maulida, 2016)

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Dewi Hayati, 2016)

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS XI IS DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (FAHRINA, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKAMAKMUR ACEH BESAR (HERI ANDY, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA MTSN KUTA BARO (HERLI, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy