//

INTERAKSI SOSIAL ANTAR SISWA ETNIS ACEH DAN SISWA ETNIS GAYO DILINGKUNGAN SEKOLAH YANG DILAKSANAKAN DI SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN BENERMERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ulfa Prolisa Srg - Personal Name

Abstrak/Catatan

A B S T R A K Kata Kunci: Interaksi sosial, Etnis Aceh dan Etnis Gayo Penelitian ini berjudul interaksi sosial antar siswa Etnis Aceh dan siswa Etnis Gayo dilingkungan sekolah yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Benermeriah. Dengan mengangkat masalah tentang interaksi sosial antar siswa Etnis Aceh dan siswa Etnis Gayo, permasalahan yang terjadi antar siswa Etnis Aceh dan siswa Etnis Gayo dan penyelesaian masalah antar siswa Etnis Aceh dan siswa Etnis Gayo. Sedangkan tujuan penelitian ini ini untuk mengetahui bagaimana interaksi sosial, permasalahan yang terjadi dan cara penyelesaian masalah antar siswa Etnis Aceh dan siawa Etnis Gayo dilingkungn sekolah SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Benermeriah.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa Etnis Aceh dan 3 siswa Etnis Gayo di SMA Negeri 1 Bandar.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Setelah menelaah dilanjutkan dengan reduksi data yang dilakukan dengan jalan abstraksi yaitu dengan memebuat rangkuman inti dan penyajian dalam bentuk deskripsi dengan mengambil kesimpulan dari hasil wawancara kepada responden. Mengingat hasil jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu dengan menggambarkan fakta-fakta dilapangan, Hasil penelitian menunjukan 1.interaksi sosial antar siswa Etnis Aceh dan siswa Etnis Gayo sangat harmonis, mereka saling menghargai satu sama lain. Penggunaan bahasa mereka lebih dominan menggunakan Bahasa Indonesia dalam interaksi dengan etnis yang berbeda 2.Masalah yang terjadi dikalangan siswa Etnis Aceh dan siswa Etnis Gayo hanya sebatas candaan tidak menimbulkan konflik dan perpecahan etnis, etnisitas tidak terlalu mencolok dikalangan siswa tersebut, 3.penyelesaian permasalahan antar etnis dilakukan dengan cara memahami setiap adanya perbedaan dengan menimbulkan rasa empati dan simpati juga pemahaman lintas budaya yang dapat menumbuhkan rasa solidaritas dikalangan siswa Sma Negeri 1 Bandar untuk lebih mengenal perbedaan etnis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS JAWA, ACEH DAN GAYO DI KAMPUNG PUJA MULIA KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH TAHUN 1950-2015 (Emi Syahri, 2017)

INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT DI KECAMATAN BLANGPIDIE (Khairatul Ulya Mukhtar, 2017)

PERKEMBANGAN DAN INTERAKSI ETNIS TIONGHOA DI KOTA RNBLANGPIDIE (1900 – 2014) (sutri yunida, 2015)

PERKEMBANGAN ETNIS TIONGHOA DI KOTA BANDA ACEH, 1945-2014 (CITRA AMELIA, 2014)

INTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT ETNIS TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT ETNIS ACEH SUATU STUDI DI GAMPONG GEUDONG-GEUDONG KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN (ZIKRI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy