//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA POKOK BAHASAN GERAK PADA TUMBUHAN DI MTSN LHOKNGA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Isnaini - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Model Giving Question and Getting Answer (GQGA), hasil belajar, dan gerak pada tumbuhan. Penelitian tentang “Penerapan Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Pokok Bahasan Gerak pada Tumbuhan di MTsN Lhoknga” telah dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2014 sampai dengan 25 Oktober 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran GQGA untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada pokok bahasan gerak pada tumbuhan di MTsN Lhoknga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang menggunakan model GQGA dan siswa kelas VIII-C menggunakan metode konvensional, yang masing-masing setiap kelas berjumlah 29 siswa. Data dari penelitian ini diperoleh melalui tes yang diberikan yaitu pre tes dan pos tes. Parameter dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang dilakukan dengan tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 3.06 lebih besar dari ttabel = 1,67 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima. Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh persentase sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran GQGA dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada pokok bahasan gerak pada tumbuhan di kelas VIII-A MTsN Lhoknga.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (nurjanah, 2014)

PENERAPAN MODEL GQGA (GIVING QUESTION GETTING ANSWER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT (Cut Anisa, 2019)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DENGAN BERBANTUAN TAKTIK PENGHASIL PERTANYAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X IPS SMAN 16 BANDA ACEH (Mia Zakian Yusuf, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF EVERYONE IS TEACHER HERE (EOITH) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (sri irwanda sari, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAT PLANTET QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Rahmat Ichsan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy