//

ANALISIS KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KAPAL FERRY DAN KAPAL EXPRESS RUTE BANDA ACEH-SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hayatun Risna - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sabang merupakan salah satu wilayah kepulauan di Indonesia yang terkenal dengan parawisata alam. Pemerintah Kota Sabang menyediakan dua alat transportasi laut yaitu kapal Ferry dan kapal Express untuk menghubungkan pulau antara pulau. Namun, masih banyaknya keluhan dari konsumen khususnya berkaitan dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh manajemen kapal. Dengan demikian, perlu dilakukan penelitian ini untuk melihat kesesuaian antara tingkat kepentingan pelayanan dengan tingkat kinerja terhadap kualitas pelayanan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode IPA (Importance Performance Analysis) dan CSI (Customer Satisfaction Index) dengan penyebaran kuisioner sebanyak 100 responden. Hasil pengolahan data dengan metode IPA pada kapal Ferry didapatkan nilai rata-rata tingkat kesesuaian sebesar 62,53 % dan pada kapal Express sebesar 65,16 %. Artinya secara keseluruhan konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh kapal Express dibandingkan dengan kapal Ferry. Berdasarkan hasil dari analisis diagram Pareto, sistem pembelian tiket perjalanan kapal yang diterapkan perusahaan dan pengawasan ketat terhadap pemeriksaan tiket penumpang merupakan perbaikan utama yang perlu dilakukan oleh kapal Ferry, sedangkan ketepatan jadwal keberangkatan / tiba kapal dan harga tiket perjalanan merupakan perbaikan utama yang perlu dilakukan oleh kapal Express. Kata kunci :Kualitas Pelayanan, Jasa Transportasi laut, IPA (Importance Performance Analysis), CSI (Customer Satisfaction Index) dan Diagram Pareto.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK DAN REPUTASI MEREK PADA ABON IKAN CAP KAPAL TSUNAMI (STUDI KASUS PADA KONSUMEN ABON IKAN CAP KAPAL TSUNAMI) (M QEIS AULIA HIDAYAT, 2019)

PENGARUH LEBAR LAMBUNG KAPAL PADA KAPAL PENANGKAP IKAN BERLAMBUNG V TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR (Alfidha Anhar, 2013)

PROSEDUR PEMOTONGAN, PENYETORAN DAN PELAPORAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 23 ATAS JASA PERAWATAN/REPARASI (DOCKING KAPAL) PADA PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) CABANG BANDA ACEH (FAJAR BAHARI, 2017)

MODEL PEMILIHAN MODA ANGKUTAN LAUT DENGAN MENGGUNAKAN KMP. BRR DAN KM. EXPRESS BAHARI (RUTE PELABUHAN ULEE LHEU – PELABUHAN BALOHAN DAN SEBALIKNYA). (Mahlil Nursyah, 2017)

MEKANISME PEMUNGUTAN, PENYETORAN DAN PELAPORAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 22 ATAS PENGADAAN PERALATAN KAPAL PADA PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) CABANG BANDA ACEH (RIZKYANDA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy