//

RANCANGAN ALAT PENGIRIS MOTIF MANISAN PALA MENGGUNAKAN METODE THEORY OF INVENTIVE PROBLEM SOLVING (TRIZ)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Diana Seprianti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kabupaten Aceh Selatan merupakan sentra pembuatan manisan pala di Provinsi Aceh. Pembuatan manisan pala yang diawali dengan pengupasan dan pengirisan buah pala selama ini masih menggunakan alat iris yang manual seperti pisau dapur yang digunakan sehari-hari. Hal ini mengakibatkan hanya pengrajin manisan pala yang memiliki keterampilan khusus yang mampu mengiris motif manisan pala seperti motif bunga dan motif cincang. Selain itu masih ada motif manisan pala yang lain seperti motif manisan pala kepang, kepiting, dan dadu. Akan tetapi pada proses pengirisan pengrajin sering mengeluh terhadap alat iris yang digunakan seperti kesulitan, kenyamanan, dan lamanya waktu yang digunakan untuk mengiris motif manisan pala tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat pengiris motif manisan pala yang sesuai dengan kebutuhan pengrajin, konsumen, penjual, dan Diperindagkop dengan menggunakan data hasil kuesioner dan wawancara. Penelitian ini menerapkan prinsip-prinsip yang diberikan oleh metode theory of inventive problem solving (TRIZ). Diantaranya dimulai dari pengumpulan data, pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS, analisis matrik house of quality (HoQ) dan analisis matrik TRIZ menggunakan 39 parameter dan 40 prinsip TRIZ, dan dilanjutkan dengan pembuatan desain menggunakan aplikasi CAD. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa terdapat 25 atribut alat pengiris motif manisan pala dan 25 respon teknis yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan responden. Selain itu penelitian ini menghasilkan rancangan alat pengiris motif manisan pala yang dapat memudahkan pengrajin dalam mengiris motif manisan pala dan dapat digunakan oleh setiap orang, serta menghasilkan motif batangan atau stick sebagai variasi motif baru. Kata Kunci : Motif Manisan Pala, Geometri Alat Iris, Theory of Inventive Problem Solving (TRIZ).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN FRONTLINER BANK SYARIAH DI KOTA BANDA ACEH (SEBUAH STUDI KASUS) (Muhammad Raju Jainul, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN GULA DAN LAMA PERENDAMAN DALAM LARUTAN KAPUR CA(OH)2 TERHADAP KARAKTERISTIK MANISAN BUAH PALA BASAH (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) (Winda Karlina, 2016)

PENDAPATAN PENGUSAHA MANISAN BUAH PALA DI KECAMATAN TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN. (Asrul Hadi, 2016)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Emilia, 2014)

TAMAN WISATA PALA DI ACEH SELATAN (Ega Puspita Dewi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy