//

SIMULASI PENJALARAN GELOMBANG TSUNAMI MENGGUNAKAN MODEL COMCOT YANG TERJADI DI KAWASAN SESAR ACEH DI PERAIRAN PEUKAN BADA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ilham Fajri - Personal Name

Abstrak/Catatan

The Great Sumatra Fault (GSF) dikenal sebagai patahan strike-slip yang aktif di sepanjang pulau Sumatera, Indonesia. Aktifitas patahan ini secara intensif hanya dipelajari pada daerah darat saja, sementara itu di lepas pantai sangat jarang. Pada perpanjangan ke utara di Provinsi Aceh, GSF bercabang menjadi dua ekstensi, yaitu sesar Aceh dan Seulimeum. Dalam studi ini, kami memfokuskan hanya pada sesar Aceh yang aktif. Sejak tahun 1976 sampai dengan tahun 2015, hanya ada dua gempa bumi yang terjadi di sepanjang segmen patahan ini, yang menunjukkan bahwa patahan ini di sangat digabungkan dan sebagai daerah celah seismik. Untuk mengurangi bencana yang mungkin terjadi, kita mensimulasikan bencana tsunami dengan menggunakan pemodelan tsunami COMCOT. Tiga skenario, yaitu Mw 7, 8, 9 dengan dua lokasi yang diperkirakan, yaitu barat daya dari pulau Nasi dan timur laut dari pulau Breueh dibuat untuk tujuan mitigasi. Hasil Simulasi seluruh skenario menunjukkan, gempa yang berlokasi di timur laut dari pulau Breueh memberikan gelombang tsunami yang jauh lebih tinggi daripada di barat daya dari pulau Nasi. Daerah yang paling terpengaruh terletak di sepanjang Kepulauan Aceh, pantai utara dan barat provinsi Aceh. Kata Kunci : Great Sumatra Fault (GSF), Sesar Aceh, COMCOT, Tsunami.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POTENSI TERJADINYA TSUNAMI DI WILAYAH UJONG BATEE ACEH BESAR BERDASARKAN LONGSOR BAWAH LAUT YANG DISEBABKAN OLEH PATAHAN SEISMIK (Linda Fitriah, 2016)

SIMULASI TSUNAMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COMCOT DARI SKENARIO GEMPA DI SEPANJANG SESAR ANDAMAN BARAT DI LEPAS PANTAI BARAT ACEH JAYA (Nurzaitun, 2015)

SIMULASI GELOMBANG TSUNAMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COMCOT BERDASARKAN SKENARIO GEMPA APRIL 2012 DI PERAIRAN BARAT SUMATERA (RAFSAN JANI, 2016)

SIMULASI NUMERIK PENGARUH PARAMETER PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP PERUBAHAN MORFOLOGI PANTAI AKIBAT GELOMBANG TSUNAMI (STUDI KASUS : TELUK ULEE LHEUE, ACEH BESAR) (Asrita Meutia, 2016)

SIMULASI NUMERIK DAMPAK GELOMBANG TSUNAMI TERHADAP PERUBAHAN PROFIL PANTAI (STUDI KASUS : TSUNAMI 26 DESEMBER 2004 DI TELUK ULEE LHEUE, ACEH BESAR) (Tursina, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy