//

ANALISIS MODEL KEPEMILIKAN KENDARAAN BERMOTOR PADA RUMAH TANGGA DI KECAMATAN JAYA BARU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fauzan Muttaqin - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jumlah kendaraan bermotor yang semakin bertambah setiap tahunnya telah menimbulkan berbagai masalah, salah satunya ialah kemacetan lalu lintas. Hal tersebut disebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang disertai dengan kegiatan dan kesejahteraan penduduk yang meningkat. Salah satu kecamatan yang mengalami masalah ini di Kota Banda Aceh ialah Kecamatan Jaya Baru. Oleh karena itu, faktor-faktor yang mempengaruhi kepemilikan kendaraan bermotor perlu diketahui untuk memprediksi jumlah sepeda motor dan mobil di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dua model kepemilikan kendaraan bermotor yaitu model kepemilikan sepeda motor dan model kepemilikan mobil beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya pada rumah tangga di Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara ke rumah tangga pada 95 KK (rumah tangga) untuk masing-masing kepemilikan kendaraan bermotor. Hasil survei menunjukkan bahwa kepemilikan sepeda motor pada rumah tangga didominasi oleh responden yang memiliki 2 buah sepeda motor sebesar 52,63%. Sedangkan kepemilikan mobil pada rumah tangga didominasi oleh responden yang memiliki 1 buah mobil sebesar 89,47%. Berdasarkan hasil pengujian regresi dengan menggunakan metode analisis langkah demi langkah tipe 1 diperoleh model persamaan regresi linear berganda untuk kepemilikan sepeda motor Y1 = 0,405 + 0,193X1 + 0,200X6 + 0,327X7, dengan nilai determinasi (R2) sebesar 0,419 yakni kepemilikan sepeda motor pada rumah tangga di Kecamatan Jaya Baru sebesar 41,9% ditentukan oleh pendapatan (X1), jumlah pekerja (X6), dan kepemilikan SIM C (X7). Sedangkan untuk kepemilikan mobil diperoleh model Y2 = 0,416 + 0,160Z1 + 0,133Z7, dengan nilai determinasi (R2) sebesar 0,358 yakni kepemilikan mobil pada rumah tangga di Kecamatan Jaya Baru sebesar 35,8% ditentukan oleh pendapatan (Z1) dan kepemilikan SIM A (Z7). Kata kunci: Model regresi linear berganda, kepemilikan sepeda motor dan mobil.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCAPAIAN TARGET PENERIMAAN PAJAK DARI KENDARAAN BERMOTOR DI PROVINSI ACEH (Nurul Akmal Andalia, 2016)

STUDI BANGKITAN PERGERAKAN MENGGUNAKAN KENDARAAN PRIBADI DARI GAMPONG LUENG BATA KOTA BANDA ACEH (Ridhalul Rizqi, 2014)

PERSEPSI DAN PERILAKU SADAR GIZI IBU RUMAH TANGGA DI KECAMATAN SETIA BAKTI KABUPATEN ACEH JAYA (Irna Juwita, 2013)

ANALISIS PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DAN BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR (BBNKB) SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PENERIMAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN PIDIE (RAKHMAD RINALDI WAHFAR, 2016)

ANATOMI EKONOMI RUMAH TANGGA KAWASAN PESISIR DAN RUMAH TANGGA KAWASAN NON PESISIR DI KABUPATEN PIDIE (Elfrida Hanum, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy