//

Analisis Perbandingan Keuntungan Pembibitan Ikan Nila dan Ikan Mas Pada Usaha Pembenihan Ikan Rakyat Di Batee Iliek Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FIRDA SAHTIANA - Personal Name
SubjectFISH
PROFITS-AGRICULTURAL INDUSTRIES
HETCHERIES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dalam budidaya ikan, benih merupakan faktor penting. Benih harus tersedia dalam jumlah mencukupi, berkualitas (bermutu) tinggi, dan tepat waktu. Benih dapat diperoleh dengan cara membeli di Balai pembenihan (hatchery) atau melakukan pembenihan sendiri. Di Aceh, untuk sektor perikanan Pemerintah Aceh telah berusaha melakukan upaya dalam meningkatkan produksi perikanan. Salah satu tempat kegiatan pembibitan hewan air tawar ini adalah Usaha Pembenihan ikan Rakyat di Batee Iliek Kecamatan Samalanga Kabupaten. Usahatani ini dibentuk dengan bantuan dan bimbingan UPTD Batee Iliek dengan dua komoditas ikan unggulan yaitu ikan Nila dan ikan Mas. Penelitian ini dilakukan di desa Batee Iliek dengan objek penelitian para pengusaha Pembenihan Ikan, dan konsumen yang membeli langsung benih ikan di tempat usaha pembenihan. Sedangkan ruang lingkup dari penelitian ini hanya berbatas pada ingin melihat seberapa besar perbedaan keuntungan yang diterima petani usaha pembenihan kedua ikan ini dengan menganalisa Perbandingan Keuntungan Pembibitan antara Ikan Nila dan Ikan Mas pada Usaha Pembenihan Ikan ini. Hasil Keuntungan rata-rata Usahatani ini dari produksi benih Ikan Nila jika ditinjau dari keuntungan persiklus panen benih memang lebih besar dibandingkan dengan benih ikan Mas. Hal ini dilihat dari rata-rata keuntungan yang diperoleh dari produksi benih ikan Nila sebesar Rp 10,928,615 per siklus panen dengan rata-rata hasil produksi sebanyak 65000 ekor, sedangkan untuk benih ikan Mas sebesar Rp 5.107.577 per siklus panen dengan rata-rata hasil produksi benih sebanyak 19000 ekor. Dengan Penyebab utama terjadinya perbedaan keuntungan yaitu volume produksi, harga jual serta padat tebar induk. Kata Kunci : Pembenihan, Ikan Nila, Ikan Mas, Keuntungan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSPEK PENGEMBANGAN PEMBENIHAN IKAN NILA (STUDI KASUS PADA BALAI BUDIDAYA AIR PAYAU UJUNG BATEE KABUPATEN ACEH BESAR) (JUMAINI, 2015)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) YANG DIPELIHARA DI KOLAM DAN TAMBAK KABUPATEN ACEH BESAR (NURBAITI, 2016)

KAJIAN POLA PERTUMBUHAN DAN FAKTOR KONDISI IKAN GENUS OREOCHROMIS YANG TERTANGKAP DI SUNGAI BLANG KRUENG, KECAMATAN BANDAR BARU, KABUPATEN PIDIE JAYA (T. Mukhlis, 2016)

ANALISA NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI IKAN TERI BIREUENRN(STUDI KASUS PADA USAHA AGROINDUSTRI IKAN TERI DI KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN) (Rizka, 2014)

ANALISIS PROFIT DAN KENDALA PADA USAHA PENGOLAHAN IKAN ASIN DI KABUPATEN ACEH JAYA (RISTI ASRY, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy